BMKG Sebut Akhir Juni 2024, Sebagian Wilayah Sulsel Masih Berpotensi Hujan

  • Bagikan
Prakirawan BBMKG Wil. IV Makassar memantau kondisi cuaca.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyampaikan sampai pada akhir bulan Juni 2024 ini, sejumlah wilayah masih diperkirakan masih memiliki curah hujan.

Prakirawan BMKG, Amharu Viana menyampaikan, di Sulsel Kondisi cuaca masih bervariatif belum sepenuhnya masuk dalam kategori kemarau.

“Untuk Sulsel itu masih bervariasi curah hujannya,” ungkapnya, Jumat (28/6/2024).

Ia menyampaikan, beberapa kabupaten  masih berpotensi akan terjadi hujan, terutama kabupaten yang berada pada wilayah timur dan utara Sulsel.

Ia menyampaikan, adapun kabupaten yang masuk dalam wilayah tersebut, yaitu kabupaten  Sinjai, Bone, Wajo, Luwu, Enrekang, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

“Daerah tersebut diperkirakan masih akan terjadi hujan, Kalau yang kami pantau untuk tujuh hari kedepan itu masih akan ada hujan,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, Khusus Kota Makassar saat ini sudah masuk dalam kategori Kemarau.

“Jadi untuk analisis musim kemarau itu, sebagian makassar sudah memasuki musim kemarau, pada bulan Mei 2024, berdasarkan data curah hujan yang terukur di Kota Makassar,” jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh pihaknya, suhu udara di Kota Makassar itu masih dalam kategori Normal, dengan kisaran suhu dalam satuan celcius mulai dari 33 sampai 34 derajat.

“Itu masih dalam kategori normal,  Kalau dari histori suhu udara di Kota Makassar itu masih termasuk dalam normal,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, untuk curah hujan di Kota Makassar sendiri juga sudah masuk dalam kategori rendah.

“Untuk 10 hari kedepan itu diperkirakan cuaca curah hujan di kota Makassar itu masih dalam kategori rendah,” kuncinya. (Abu/A)

  • Bagikan