BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca di Sulsel, Begini Respon Pj. Bupati Sinjai

  • Bagikan
Pj. Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah saat memantau langsung normalisasi saluran air beberapa waktu lalu.

SINJAI, RAKYATSULSEL- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca dan iklim di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

BMKG memprakirakan cuaca pada tanggal 1-3 Juli 2024 akan terjadi hujan sedang hingga lebat di seluruh wilayah Sulsel.

Serta tanggal 4-10 Juli 2024 juga diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat di berbagai wilayah di Sulsel, termasuk di beberapa kecamatan di Kabupaten Sinjai.

Surat yang ditujukan kepada Gubernur Sulsel per tanggal 30 Juni 2024, khusus di Kabupaten Sinjai, BMKG memasukkan daerah Kecamatan Sinjai Barat, Sinjai Tengah dan Sinjai Borong sebagai wilayah kategori "Waspada".

Sedangkan wilayah kategori "siaga" ditetapkan di Kecamatan Bulupoddo, Pulau Sembilan, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, Tellulimpoe, dan Sinjai Utara. Status peringatan dini cuaca tersebut berlaku tanggal 1-10 Juli 2024.

Menyikapi hal itu, Pj Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah akan memberikan perhatian serius terhadap status peringatan dini yang ditetapkan BMKG di sejumlah wilayah di Kabupaten Sinjai.

"Pekan ini kita akan tetapkan status siaga tanggap darurat untuk menghadapi situasi kebencanaan di Kabupaten Sinjai. Kita akan siapkan tim, kita akan coba kembali normalisasi kanal. Kita juga akan mempersiapkan juga alat berat ketika sewaktu-waktu terjadi longsor," ujarnya usai menghadiri HUT Bhayangkara Ke-78 di Polres Sinjai, Senin, (01/07).

Lewat kesempatan ini juga, Pj Bupati kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada akan cuaca buruk di saat sekarang ini.

"Kita harapkan masyarakat senantiasa terus waspada terhadap dampak musim hujan," imbaunya. (Adv).

  • Bagikan