Mapala UMI Gelar NCC ke-2 Tingkat Nasional, Rektor Harap Bisa Menjadi Agenda Tahunan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar National Climbing Competition (NCC) ke-2.

Kegiatan NCC ke-2 Mapala UMI ini berlangsung di Kampus 2 UMI Makassar, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, mulai tanggal 1 hingga 5 Juli 2024.

Prof. Dr. Sufirman Rahman, Rektor UMI, menyatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, Mapala UMI mengalami masa kevakuman karena dinamika internal.

"Namun, dari kevakuman itu, banyak hikmah yang dapat kita ambil. Lima tahun adalah waktu yang cukup lama untuk introspeksi diri," ujarnya.

"Alhamdulillah, hari ini menunjukkan bahwa Mapala UMI memasuki era baru yang harmonis dan menekankan nilai-nilai kedamaian, persaudaraan, dan penyelesaian yang islami," tambah Prof. Sufirman.

Ketua Umum Mapala UMI, Richard M Nur Pombo, menyatakan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Federasi Panjat Tebing Indonesia di bawah naungan Koni Sulsel.

"Kami berharap NCC ke-2 ini dapat menjadi agenda tahunan minimal dua tahun sekali. Kami juga berharap dukungan penuh dari pimpinan UMI," kata Richard.

Dari sisi Pemerintah Kota Makassar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Andi Tenri Lengka menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini sebagai wadah bagi atlet panjat tebing.

"Panjat tebing merupakan olahraga prestasi yang besar di Makassar, dan Pemkot Makassar akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini," kata Andi Tenri Lengka.

Dalam kegiatan NCC ke-2 ini, sekitar 198 peserta dari 15 provinsi dan 18 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan serta dari berbagai daerah lainnya di Indonesia turut ambil bagian.

"Semoga kegiatan ini dapat memperkuat semangat olahraga panjat tebing di Indonesia," kuncinya. (Yadi/A)

  • Bagikan