Lima Prodi di Unhas Jalani Proses Akreditasi Internasional Internasional

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lima Program Studi di Universitas Hasanuddin menjalani proses visitasi akreditasi internasional FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation).

Pembukaan berlangsung di Ruang Senat Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (2/7/2024).

Adapun lima prodi tersebut adalah S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Agribisnis, S2 Manajemen, S2 Manajemen Sains.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan ucapan selamat datang kepada para assessor FIBAA (Internasional).

Ia memberikan gambaran tentang berbagai capaian Unhas. Dirinya mengatakan, sebagai perguruan tinggi, Unhas secara berkelanjutan terus melakukan proses optimalisasi dalam berbagai bidang.

"Termasuk peningkatan kualitas mutu pendidikan, salah satunya dengan mendorong prodi untuk akreditasi internasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Prof JJ menuturkan Unhas secara optimal memfasilitasi dan memberdayakan semua prodi mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional melalui beberapa langkah strategis.

Menurutnya, proses asesment akreditasi ini merupakan komitmen Unhas untuk terus meningkatkan kualitas diri. Melalui saran dan masukan yang nantinya diperoleh dari para asesor.

"Kami mengharapkan bisa semakin memperkuat Unhas untuk terus mengambil bagian dalam mendorong Indonesia maju melalui ketersediaan lulusan berdaya saing," tuturnya.

Sebagai PTN terbesar dengan berbagai capaian tidak hanya di bagian Timur Indonesia, Unhas perlu melakukan kolaborasi yang baik dengan para mitra strategis agar kebermanfaatan Unhas sebagai lembaga pendidikan tinggi bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

"Saran dan masukan yang nantinya diberikan akan memperkaya Unhas, sekaligus menjadi penyemangat bagi Unhas untuk terus meningkatkan kualitasnya," jelas Prof JJ.

Usai pembukaan dari pimpinan Universitas, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para asesor FIBAA.

Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan ke masing-masing prodi terkait proses pembelajaran, fasilitas sarana prasarana, penjaminan mutu, serta capaian Unhas secara umum.

Para assessor yang terlibat diantaranya :

1. Prof. Dr. Jurgen Gabriel (Professor Emeritus of Business Administration and Tecjnology Management)
2. Prof. Dr. Rainer Kuhl (Giessen University)
3. Prof. Dr. Anke Mubig (University of Luxembourg)
4. Riitta Ahlholm (Fountain Park Oy)
5. Prof. Suryo Budi Santoso (University of Muhammadiyah Purwokerto)
6. Jan Oliver Britz (Accadis University Bad Homburg).

(Yadi/A)

  • Bagikan

Exit mobile version