Cetak Wirausaha Muda Pertanian, Ini Gebrakan Polbangtan Kementan

  • Bagikan
Workshop sosialisasi IBT di Kampus I Polbangtan Gowa.

GOWA, RAKYATSULSEL - Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Politeknik Pembangunan (Polbangtan) Gowa kembali melakukan rekruitmen tenant untuk menyeleksi calon wirausaha muda bidang pertanian.

IBT Polbangtan Gowa merupakan gebrakan dalam mendongkrak regenerasi petani khususnya dalam mencetak wirausaha muda pertanian melalui kegiatan pendampingan inkubasi yang diberikan kepada calon perusahaan pemula berbasis teknologi (startup teknologi).

Pendampingan meliputi pengembangan kewirausahaan melalui pelatihan, pendampingan bagi tenant, baik dalam proses kegiatan produksi, akses kepada sumber daya bisnis dan keuangan, pelayanan dan fasilitas publik, serta perluasan pemasaran produk demi pengembangan usaha mitra binaan.

Program IBT tersebut merupakan upaya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan dalam menyiapkan SDM pertanian yang unggul yang menggeluti pertaniannya bukan hanya pada proses budidaya namun juga berorientasi bisnis.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menekankan tentang kualitas SDM Pertanian yang unggul, sebab dengan begitu dapat memacu target produksi dan produktivitas yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor dan meningkatkan ekspor.

Plt. Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa fokus Kementan adalah menyiapkan sumber daya manusia pertanian sebagai pelaku pembangunan pertanian.
“Salah satu fokus BPPSDMP adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, berdaya saing, serta berjiwa entrepreneur.” papar Dedi.

Dedi menekankan hal tersebut mengingat pentingnya SDM dalam pembangunan pertanian, terlebih pertanian terbukti berhasil menjadi penyangga perekonomian negara. Sehingga, perlu menyiapkan SDM pertanian dimulai sejak di bangku kuliah.

Oleh karena itu Polbangtan sebagai Kampus vokasi BPPSDMP Kementerian Pertanian berupaya merelaksasi kurikulum yang mengarahkan profil lulusannya menjadi wirausaha muda Pertanian.

Dalam Upaya mendukung keberlanjutan usaha alumninya, Polbangtan Gowa mendirikan Inkubator Bisnis Teknologi melalui program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) Kementan.

IBT Polbangtan Gowa secara resmi terbentuk akhir tahun 2022 lalu kemudian mulai menginkubasi pada tahun 2023. Saat itu IBT Polbangtan Gowa melakukan inkubasi 3 peserta alumni dengan melakukan kegiatan bisnis hidroponik, penggemukan sapi dan produk coklat. Sukses dengan inkubasi 3 alumninya, tahun ini IBT Polbangtan Gowa Kembali melakukan proses seleksi tenant.

Target jumlah pendaftar di tahun ini adalah 50 peserta, untuk kemudian dilakukan kegiatan bootcamp bagi para pendaftar. Dari 50 peserta tersebut akan diseleksi sebanyak 25 orang tenant untuk dilakukan pendampingan dan bimbingan oleh IBT Polbangtan Gowa.

  • Bagikan

Exit mobile version