128 Atlet Ikuti Turnamen Tinju Pongtiku Cup 1 di Lapangan Bakti Rantepao Toraja Utara

  • Bagikan
Pembukaan pertandingan yang diawali dengan Sekjen PMTI dan ketua Pertina Sulsel.

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Dating Palebangan, membuka turnamen tinju Pongtiku Cup 1. Turnamen ini digelar dengan menggandeng Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), di Lapangan Bakti Rantepao, Kabupaten Toraja Utara (Torut), Rabu malam, 3 Juli 2024.

Kegiatan pembukaan tersebut dihadiri sejumlah pengurus PMTI, Ketua Pertina Sulsel bersama rombongan, dan tokoh masyarakat. Turnamen ini dijadwalkan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, dengan 128 atlet tinju yang akan bertarung.

Menurut Dating Palebangan, kegiatan ini merupakan yang kedua digelar PMTI di Toraja, dan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Pahlawan Nasional Pongtiku. Pongtiku adalah satu-satunya Pahlawan Nasional dari Toraja yang diberi penghargaan luar biasa oleh negara.

Dating menjelaskan, turnamen ini diikuti oleh 128 atlet dari Sulsel dan luar daerah, serta melibatkan 19 pengurus kabupaten/kota.

"Kegiatan turnamen ini akan diikuti 128 atlet tinju, 19 pengurus kabupaten/kota, dan kami sangat mengapresiasi," ucap Dating, yang juga merupakan salah satu bakal calon Bupati Torut.

Dating menambahkan, kegiatan peringatan hari Pongtiku yang digelar PMTI akan diisi dengan beberapa kegiatan, termasuk bakti sosial operasi bibir sumbing bekerja sama dengan RS Elim, KKR, cerdas cermat, dan festival dero di Pangala.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini, juga kepada masyarakat yang datang menonton. Kami mohon maaf jika sepanjang kegiatan ini ada hal-hal yang tidak berkenan," ucap Dating.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, selain memupuk rasa syukur atas pengorbanan dan jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan negara ini, rangkaian kegiatan PMTI ini juga bisa mendorong perekonomian masyarakat di Toraja.

Sementara itu, Ketua Pertina Sulsel, Harpen Resa Ali, dalam sambutannya mengapresiasi PMTI yang untuk kedua kalinya menggelar turnamen tinju, sebagai bentuk dukungan terhadap cabang olahraga tinju.

"Saya berharap kejuaraan ini bisa berjalan lancar dan tidak kalah dengan kegiatan yang digelar di Makassar. Saya berharap doa dari seluruh masyarakat agar kegiatan ini berjalan lancar dan juga berharap dukungan doa dari masyarakat untuk 12 atlet dari Sulsel yang akan bertarung di Pekan Olahraga Nasional," pungkas Harpen.

Hari pertandingan pembukaan diisi dengan 10 partai pertandingan, dan pada hari pertama penonton membludak. (Cherly)

  • Bagikan

Exit mobile version