Dorong Transformasi Digital, Pemprov Sulsel Perkenalkan Si Data Pintar

  • Bagikan
Plh Sekprov Sulsel, Andi Darmawan Bintang, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekertariat Daerah Provinsi Sulsel, Idham Kadir launching inovasi Si Data Pintar, di Ruang Command Center Kantor Gubernur, Jumat (5/7/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan  (Sulsel) terus kedepankan digitalisasi dalam pemerintahan, salah satunya melakukan launching inovasi Si Data Pintar, di Ruang Command Center Kantor Gubernur, Jumat (5/7/2024).

Untuk Informasi, Si Data Pintar ini merupakan proyek perubahan reformer Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekertariat Daerah Provinsi Sulsel, Idham Kadir.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekertariat Daerah Provinsi Sulsel, Idham Kadir menyampaikan, Si Data Pintar (Integrasi Data pengelolaan Administrasi Pemerintahan), sebagai bagian dari tahapan pelaksanaan Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan V, yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara RI  (LAN-RI). 

Idham Kadir mengatakan, Si Data Pintar adalah inovasi  yang didasarkan pada upaya peningkatan kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, khususnya dalam hal penyiapan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang pemerintahan, otonomi daerah, dekonsentrasi dan tugas pembantuan.

“Selama ini mekanisme atau proses kompilasi data laporan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dari setiap perangkat daerah masih dilakukan secara konvensional, tatap muka dan membutuhkan dokumen fisik (paper-based) yang tentu membutuhkan waktu ekstra dalam proses analisis, validasi dan feedback data yang sudah dilaporkan oleh perangkat daerah,” jelasnya.

Ia melanjutkan, berdasarkan kondisi faktual prosedural tersebut, kata Idham Kadir, lahirlah ide Si Data Pintar ini. Dengan harapan,  dapat  dilakukan percepatan transformasi data berbasis digital yang dilakukan secara menyeluruh dalam pengelolaan data evaluasi dan pelaporan kinerja pemerintahan dan otonomi daerah.

Sementara itu, Plh Sekprov Sulsel, Andi Darmawan Bintang, mengapresiasi  inovasi Si Data Pintar, karena hal  ini sebagai  tindak lanjut kebijakan transformasi digital yang mendukung optimalisasi penerapan SPBE di Pemprov Sulsel.  

“Tentu kita berharap efektifitas dan efisien kinerja di Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah akan semakin baik sehingga memberikan perubahan kinerja,” terangnya.

Andi Darmawan berharap, hadirnya Si Data Pintar dapat  meminimalisir penggunaan berkas fisik, menghilangkan tatap muka, efisiensi waktu, memperpendek birokrasi, dan percepatan penyelesaian laporan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Mengingat urgensi dokumen tersebut secara berkala disampaikan pada Kementerian dalam negeri dan mitra legislatif DPRD. (Abu/B)

  • Bagikan

Exit mobile version