Pascasarjana UNIMERZ Gelar PKM, Usung Tema ‘Integrasi Layanan Kesehatan dan Edukasi Pencegahan Stunting’

  • Bagikan

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Program pascasarjana Universitas Megarezky (Unimerz) melakukan integrasi 5 keilmuan pengabdian kepada masyarakat, di Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, pada Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan dihadiri sekretaris camat dan kepala desa, pengurus PKK, kader kesehatan, tokoh masyaratat, perangkat desa serta ibu hamil dan ibu dengan balita stunting.

Menurut Kepala Desa Tamasaju; Abdul Azis, S.Sos, daerah ini pernah menjadi lokus stunting tertinggi namun saat ini sudah mengalami penurunan dari 34 menjadi 9 anak dengan stunting ini merupakan capaian yang baik desa tersebut.

Senada dengan itu, Sekretaris Camat dalam keterangannya, Irham, S.Sos mengatakan, bahwa pemerintah galesong utara sangat prioritas dalam penanganan stunting karena ingin mencapai zero stunting ini merupakan daerah yang cukup maju dan lengkap dalam fasilitas kesehatan apalagi ditunjang dengan area kelautan dan pertanian stunting terjadi bukan hanya karena gizi tapi ada faktor penyakit lain.

Sementara, Direktur Pascasarjana Unimerz, Dr Ns julia Fitrianingsih M.Kes ., MKep mengungkapkan, bahwa program pascasarjana hadir dalam upaya menjalankan Tridharma Perguruan tinggi, dalam hal ini melakukan pengabdian masyarakat (Pengmas) yang terintegrasi dengan 5 keilmuan.

“Kegiatan ini berfokus tidak hanya pada upaya penanganan bagi anak balita yang sudah mengalami stunting, tapi juga upaya dalam pencegahan pada ibu hamil.

Sehingga kedepan memperhatikan masa 1000 hari pertama kehidupan pada anak. kami dari perguruan tinggi bermaksud menyumbangkan ilmu kami karena peran akademisi dalam percepatan penurunan stunting sangatlah penting dalam penta helix pembangunan,” ungkapnya.

“Kami berharap kedepan peran kampus dapat mengintegrasikan kegiatan pendidikan dan penelitian serta memperoleh best practice dalam upaya penurunan stunting apalagi kemdikbud telah memiliki program MBKM bisa nanti melakukan magang membantu program pemerintah,” harapnya.

Sebagai informasi, kegiatan pengmas ini dihadiri seluruh pimpinan pascasarjana wakil direktur, seluruh ketua program studi dan beberapa Dosen Yang juga memberi materi seperti Dr dr Bahtiar Baso, Dr. Zainuddin, Dr abdul malik iskandar, Dr Besse Yuliana.

Turut hadir pula tim dosen PPs seperti Prof. Ali hanafi, Prof Malik Tahir, Dr Basir,Dr Ibti dan dosen lainnya serta mahasiswa PPs selain itu pengmas PPs juga melakukan pembagian PMT dan vitamin serta susu untuk stunting balita serta penandatangan MoA sebagai Desa binaan program pascasarjana Universitas Megarezky. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version