Alokasi Jalan jadi Anggaran Infrastruktur Terbesar APBD 2024 Pemprov Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Alokasi anggaran pembangunan jalan menjadi alokasi pembangunan infrastruktur dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2024 pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Darmawan Bintang, Selasa ( 9/7/2024).

“Anggaran pembangunan infrastruktur yang paling besar pada jalan, lalu irigasi kemudian yang ketiga tentu penyediaan infrastruktur pertanian, apakah itu berkaitan dengan pengembanagn sawah. dan sarpras dan pertanian dan sebagainya,” bebernya.

Ia menjelaskan, terkait dengan infrastruktur erat kaitannya dengan manfaat ekonomi dan sosial masyarakat.

“Dalam sudut pandang ekonomi, kelancaran distribusi dalam arti sebagai dampak langsung dan tidak langsungnya,” tuturnya

Ia mengutarakan, pembangunan dan pemantapan infrastruktur tentu akan selalu beriringan dengan rencana dan program pemerintah. “Bahkan di negara maju saja tidak akan pernah berhenti untuk melakukan pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Ia mengatakan, persentase kemantapan infrastruktur di Sulsel saat ini sekira 70 persen, sehingga hal itu tetap menjadi perhatian Pemprov Sulsel untuk memaksimalkan pemantapan infrastruktur dalam segala lini.

“Kita terus menggenjot berbagai upaya  pembiayaannya dari berbagai sumber, kita tahu bahwa penyediaan anggaran yang ada cukup terbatas, oleh sebab itu bantuan atau hibah untuk membantu pembiayaan itu,” terangnya.

Sebelumnya diberitakanKepala Bidang Preservasi Jalan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulawesi Selatan, Irawan Dermayasamin mengatakan  empat paket pengerjaan jalan menggunakan APBD 2024, senilai total Rp42,9 miliar. Lalu untuk Rp 40 miliar menggunakan  Dana Alokasi Khusus (DAK) dan DBH Sawit, totalnya Rp 82,9 miliar.

Untuk Informasi, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Sulsel  menganggarkan pengerjaan irigasi di APBD 2024 sekira Rp 12 miliar.

Untuk Pengerjaan 100 unit Sumur Bor penunjang pertanian, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Sulsel mengalokasikan Rp 6 miliar pada APBD 2024. (Abu/B)

  • Bagikan

Exit mobile version