Cerita Perjuangan Anak Nelayan di Pulau Terpencil Selayar Lulus Polwan, Rela Tempuh Belasan Jam Untuk Wujudkan Cita-cita

  • Bagikan
Kiki Wulandari (19) lulus sebagai calon siswa Bintara Polri.

Dari Bira Bulukumba, keduanya pun melanjutkan perjalanan darat ke Kota Makassar, menumpangi mobil sewa dengan waktu tempuh 5 hingga 6 jam perjalanan.

Akses transportasi yang sulit memaksa, Kiki merantau di Kota Selayar saat memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selama 3 tahun belajar di SMAN 1 Selayar di Ibu Kota Kabupaten Selayar, putri sulung dua bersaudara ini menumpang di rumah keluarganya. Selama melanjutkan pendidikan di bangku SMA, Kiki terhitung hanya 3 kali pulang ke rumah orangtuanya di Pulau Pasitallu.

Hal itu karena jarak yang cukup jauh dan juga kendala transportasi.

"Kenapa saya dampingi mendaftar, karena saya ingin selalu kasih semangat ke dia (Kiki) bahwa kau harus buktikan orang Pulau juga bisa," ujar Suaib.

Dirinya pun berharap agar apa yang dicita-citakan Kiki sejak kecil dimudahkan saat menjalani proses pendidikan nantinya selama 5 bulan.

"Semoga semuanya dilancarkan nanti saat pendidikan dan anakku dapat meraih cita-citanya menjadi polwan," harap Suaib.

Karo SDM Polda Sulsel, Kombes Pol Aris Haryanto menjelaskan, rekrutmen Polri Tahun ini, memang membuka jalur bagi muda-mudi asli putra daerah.

"Jadi untuk jalur seleksi penerimaan terpadu, terutama di Bintara. Ada memang Keputusan yang mengatur terkait dengan afirmatif action," ujar Kombes Aris.

"Jadi masing-masing Polda mendapatkan kesempatan untuk warganya yang ada di Polda untuk bisa menjadi polisi di daerah-daerah tertentu," sambungnya.

  • Bagikan