Kelurahan Bumi Harapan Berkolaborasi Ketua LPMK Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Bagi RT

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Kelurahan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat menggelar pelatihan kesiapsiagaan bencana bagi para Ketua RT/RW Se Kelurahan Bumi Harapan.

Kegiatan tersebut dihadiro perwakilan Camat Bacukiki Barat, Lurah Bumi Harapan, Sumarni, dan dihadiri Komandan Brimob Kota Parepare, Kompol Ramli, pemateri dari Sar Brimob, Ketua LPMK Bumi Harapan, Ahmad Gommo, yang digelar di Aula Kantor Kelurahan Bumi Harapan, Senin, (15/7/2024).

Pada kesempatan tersebut Lurah Bumi Harapan mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilakukan bagi ketua RT/RW dari sebuah usulan dalam Musrenbang bagaimana meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar para RT lebih sigap menghadapi segala bencana yang akan terjadi ke depannya.

"itulah kami bersama Ketua LPMK mengadakan kegiatan pelatihan ini, mengingat Kelurahan Bumi Harapan sering terjadi bencana banjir dan longsor. Apa yang dihasilkan dari pelatihan ini agar bisa ditindak lanjuti hingga ke bawah, " jelas Sumarni.

Ia berharap, agar aparat kelurahan hingga RW/RT dapat memperkuat jaringan komunikasi untuk berkolaborasi dalam menangani setiap permasalahan yang terjadi di Wilayah Bumi Harapan.

Sementara, Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Ramli menjelaskan, pelaksanaan pelatihan ini pihak Kelurahan berkolaborasi dengan Satbrimob untuk memberikam sosialisasi kesiapsiagaan bencana yang sering terjadi di Wilayah Kelurahan Bumi Harapan.

Dalam materinya, pihaknya memaparkan bahwa jenis bencana ada dua, yaitu bencana alam dan bencana yang disebabkan oleh manusia itu sendiri.

"dimana kita menyampaikan bahwa dalam menghadapi bencana kita harus ada perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pasca bencana dan bagaimana dampak daripada akibat yang ditimbulkan dari bencana itu sendiri, " tandasnya.

Sementara Ketua LPMK Bumi Harapan, Ahmad Gommo kegiatan ini merupakan bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi segala bencana yang terjadi.

"kita melibatkan seluruh Ketua RT di Kelurahan Bumi Harapan, untuk mendukung juga program Kelurahan Siaga, " pungkasnya. (Yanti)

  • Bagikan