Musprov VII IAI Bakal Di Helat Agustus, Andi Syahriyunita Maju Jadi Calon Ketua

  • Bagikan
Andi Syahriyunita

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan (Sulsel) siap menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) VII pada Agustus 2024 mendatang.

Acara penting ini akan diikuti oleh seluruh anggota IAI di wilayah Sulsel. Musprov VII merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tiga tahun sekali dengan tujuan memilih kepengurusan baru serta merumuskan program kerja organisasi untuk periode berikutnya.

Kegiatan ini juga menjadi ajang refleksi dan evaluasi atas berbagai program yang telah dilaksanakan selama periode kepengurusan sebelumnya.

Andi Syahriyunita, seorang arsitek berpengalaman dari perusahaan Bizkid Indonesia, dengan dedikasi tinggi untuk profesi dan organisasi, resmi menyatakan diri maju sebagai calon Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2024-2027.

Pencalonan Nyung--panggilan akrab Andi Syahriyunita, disambut antusias oleh para arsitek di Sulsel. Pengalamannya selama belasan tahun berkarya di bidang arsitektur, baik di sektor swasta maupun pemerintahan, menjadi modal kuat untuk memimpin IAI Sulsel ke arah yang lebih maju dan profesional.

Dirinya yakini dengan kerja sama dan kolaborasi semua pihak, IAI Sulsel dapat menjadi organisasi yang lebih bermartabat dan berkontribusi positif bagi kemajuan arsitektur di Sulsel.

"Saya berkomitmen untuk membawa IAI Sulsel ke arah yang lebih maju dan profesional. Dengan kerja sama dan kolaborasi semua pihak, saya yakin IAI Sulsel dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan pembangunan di Sulsel," ujar Nyung.

Arsitek kelahiran 1985 ini menyelesaikan pendidikan Strata 1 di bidang Arsitektur dan Strata 2 di bidang Teknik Perencanaan Prasarana, keduanya di Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Dalam perjalanan kariernya, Nyung telah aktif dalam berbagai organisasi. Di IAI Sulawesi Selatan, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum dari tahun 2021 hingga 2024, Ketua Bidang pengabdian profesi dari tahun 2018 hingga 2021.

Di Ikatan Alumni Arsitektur UNHAS, ia berperan sebagai Wakil Sekretaris dari tahun 2020 hingga 2024. Selain itu, ia juga menjadi Ketua Dewan Pembina di Sir Idar Fencing Club dari tahun 2022 hingga 2026 dan Bendahara Umum di Ikatan Alumni SMA 17 Makassar dari tahun 2019 hingga 2022. dia punaktif diberbagai komunitas di Makassar seperti Komunitas Tangan DiAtas, Indonesia Berkebun, blogger makassar dll.

Prestasi dan pengalamannya yang beragam mencakup berbagai kegiatan dan penghargaan. Andi Syahriyunita menjadi Ketua Panitia ASEAN Architect Congress pada tahun 2023 dan Ketua Panitia Halal Bi Halal serta Reuni Nasional Ikatan Alumni Teknik UNHAS pada tahun 2022.

Ia juga pernah memimpin Konferensi Nasional Indonesia Berkebun pada tahun 2014 dan menerima Makassar Young Architect Awards pada tahun 2021. Andi Syahriyunita menjadi delegasi arsitek pada berbagai acara internasional, termasuk Arcasia Congress pada tahun 2023 di Philipina dan Kongres Arcasia 18 di Tokyo, Jepang dan menjadi delegasi pada Italian Trade Agency di Verona, Italia pada tahun 2015.

Keterlibatannya dalam pameran karya arsitektur juga cukup signifikan. Ia menjadi exhibitor pada Pameran Karya Arsitek di Bali dan Tangerang dari tahun 2018 hingga 2019 serta menjadi kurator pada International Eight Festival and Forum (F8) dari tahun 2017 hingga 2019.

Pada tahun 2018, ia menjadi tenaga ahli dalam pembentukan tim penyusunan model kerja aparatur sipil negara Provinsi Sulsel.

dalam industri kreatif dibidang perfilman Nyung juga berperan sebagai Art Director untuk beberapa film layar lebar dari tahun 2017 hingga 2022 diantaranya seperti Uang Panai, Halo Makassar, Anak muda Makassar dan Tabe' puang.

Selain itu, ia sering menjadi pembicara pada berbagai acara penting, seperti Four Nation Talk Series pada tahun 2024, Makassar Interior Expo pada tahun 2023, serta berbagai sesi workshop dan talkshow dari tahun 2019 hingga 2024.

Dengan segudang pengalaman dan dedikasinya, Andi Syahriyunita diharapkan dapat membawa IAI Sulsel menuju masa depan yang lebih cerah dan profesional. (Hikmah/B)

  • Bagikan