Sambut HUT Adhyaksa ke-64, Kejati Sulsel Gelar Aksi Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

  • Bagikan
Jaksa Kejati Sulsel Ikut Donor Darah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Itu, dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-24 tahun 2024,

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel Agus Salim di Baruga Adhyaksa, Kantor Kejati Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Rabu (17/7).

Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Soetarmi menjelaskan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah ini diikuti para pegawai Kejati Sulsel, anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini wilayah Sulsel, Mahasiswa KKP dan PKL Universitas Hasanuddin.

"Pelaksanaan kegiatan donor darah ini terselenggara atas kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulsel," kata Soetarmi.

Disebutkan, dalam sambutan Kajati Sulsel menyambut baik aksi sosial yang diprakarsai Ketua IAD Wilayah Sulsel, Fauziah Agus ini. Kegiatan inipun dapat dimaknai sebagai wujud nyata kepedulian Kejati Sulsel yang secara sukarela terhadap orang-orang yang membutuhkan donor darah.

Juga memberikan sumbangsih kebutuhan darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) dan melayani masyarakat Sulsel.

"Bapak Kajati Sulsel menekankan kepada seluruh jajarannya untuk selalu berbuat baik terhadap sesama. Setetes darah yang diberikan sangat berarti untuk menyelamatkan jiwa orang lain," ungkapnya.

Ketua IAD wilayah Sulsel, Fauziah Agus disebut memastikan sebelum melakukan donor darah terlebih dahulu dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan bagi calon pendonor.

Tidak kalah penting, kata dia, sebelum melakukan donor darah, dapat dipastikan terlebih dahulu asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan donor.

"Sebelum dilakukan donor darah, pendonor terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan