Berikan Wadah Pasarkan Produk Lokal, Pemkot Parepare Hadirkan Pasar Tani

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Sebagai upaya untuk memfasilitasi kelompok tani dalam memasarkan produk-produk pertanian dan perikanan, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) menghadirkan Pasar Tani.

Program Pasar Tani ini dilauncing oleh Pj Walikota Parepare, Akbar Ali yang juga dirangkaikan dengan acara Pemerintah Menyapa program Dinas Kominfo, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas PKP, Kamis (18/7/2024) .

SmPJ Walikota Parepare Akbar Ali menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan Pasar Tani ini sebagai wadah, dimana petani dapat memperkenalkan dan memasarkan hasil-hasil pertaniannya, sehingga dengan sendirinya akan ada transaksi yang bisa berdampak baik pada petani itu sendiri.

"Hal ini, selain dilaksanakan dalam rangka mendapatkan meningkatkan pendapatan, dan juga masyarakat akan mengenal hasil pertanian di Parepare dan juga bisa membeli hasil pertanian yang segar, " jelas Akbar.

Ia berharap, kegiatan seperti ini tidak memiliki waktu yang terbatas dan tidak dilaksanakan pada sath titik saja, akan tetapi lanjut Akbar berharap, bisa dilaksanakan pada titik-titik strategis lahan Pemerintah Kota Parepare.

"tadi Bu Kadis PKP menyampaikan, akan dilaksanakan setiap hari jumat, tapi kalau perlu setiap hari dilaksanakan juga tidak apa-apa. Karena kegiatan seperti ini sangat baik.

Sementara, Kepala Dinas PKP, Wildana mengatakan program pasar tani ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat, untuk memberikan ruang bagi kelompok tani dan pembudidaya ikan, UMKM binaan Dinas PKP dalam mempromosikan serta memasarkan produk petani lokal.

"Pasar tani ini dihadirkan untuk membangun pasar produk tani sebagai outlet pemasaran melalui kelompok tani, sehingga meningkatkan akses petani secara langsung kepada konsumen dan pasar, " terang Wildana.

Lebih lanjut Ia menyebutkan tujuan Pasar Tani ini, menguatkan dukungan dalam mencapai tujuan peningkatan pendapatan petani, peternak dan nelayan, dalammencegah kemiskinan ekstrem dengan menyediakan pasar yang lebih jelas, dengan harapan mendorong untuk lebih produktif.

"Hal ini juga untuk mendukung upaya pengendalian inflasi dengan tetap berlegang tugas fungsi utama kami, yaitu peningkatan kesejahteraan peteani, peternak dan nelayan, " jelasnya.

"dan bagi konsumen dapat menjadi tempat memperoleh produk-produk pertanian, peternakan dan perikanan yang segar, bermutu dengan harga yang sebetulnya murah, "sambungnya

Ia Optimis terhadap keberlanjutan pasar tani ini, dengan dukungan kuat dari para kelompok tani, kelompok peternak dan kelompok nelayan, dan juga seluruh stakeholder untuk berpartisipasi pada setiap penyelenggaraan pasar tani.

Pada kegiatan Launcing Pasar Tani ini, Pj Walikota Parepare juga memanen Cabai dan Ikan Nila kelompok tani binaan Dinas PKP. (Yanti)

  • Bagikan