Dipimpin Prof JJ, Unhas Terima Penghargaan Terbaik Nasional IKU PTN-BH dari Diktiristek

  • Bagikan
Rektor Unhas Prof JJ Terima Penghargaan dari Diktiristek

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Jamaluddin Jompa atau akrab disapa Prof JJ menerima penghargaan atas capaian terbaik tiga nasional pada liga IKU (Indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Pemberian penghargaan tersebut diserahkan secara langsung Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Prof Abdul Haris).

Penerimaan penghargaan berlangsung pukul 20.00 WIB di Grand Ballroom Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Jumat (19/7).

IKU Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan performansi PTN yang akan menentukan dukungan sumber daya dan anggaran yang akan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Diktiristek.

Komponen-komponen dalam IKU merupakan instrumen pengukuran kinerja utama bagi PTN yang adaptif berbasis luaran yang konkret.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa atau Prof JJ menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan keluarga besar Universitas Hasanuddin atas dedikasi dan kerja kerasnya sehingga Unhas bisa memperoleh peringkat tiga secara nasional berdasarkan penilaian IKU.

"Capaian ini bisa menjadi penyemangat bagi Unhas untuk terus berkarya, meraih prestasi gemilang untuk kemajuan Indonesia," ujarnya.

Lanjut dia, ini menunjukkan komitmen Unhas untuk terus berprestasi, secara berkelanjutan kita terus menguatkan komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik dalam berbagai sektor, menoreh prestasi gemilang sebagai ladang pengabdian untuk Indonesia.

"Meningkatkan aksesibilitas pendidikan berkualitas bagi masyarakat, serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan SDM unggul Indonesia," jelas Prof JJ.

Secara umum, Tim Kerja IKU Unhas mengompilasi berbagai aktivitas yang merujuk pada capaian masing-masing IKU untuk dilaporkan ke kementerian melalui Ditjen Diktiristek.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, capaian IKU kali ini naik satu tingkat, dimana tahun sebelumnya Unhas berada di posisi keempat," tukasnya.

Sebelumnya telah diputuskan melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) No. 110/E/KPT/2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), dimana Unhas berhasil menduduki posisi tiga nasional dalam liga IKU PTNBH. Kali ini, secara langsung Unhas memperoleh penghargaan dari Dirjen Dikti.

Pada liga IKU PTNBH, keunggulan Unhas terletak pada IKU 2 tentang mahasiswa mendapatkan pengalaman luar kampus. IKU 2 meliputi kegiatan magang kerja, riset, proyek desa, pertukaran pelajar, berwirausaha, dan juga melalui kegiatan mengajar. Melalui IKU ini, diharapkan dapat memberi fasilitas lebih kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri.

Unhas berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam rangka mencapai target IKU yang lebih tinggi di tahun 2024. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam setiap upaya strategis dengan harapan Unhas dapat mencapai target IKU Tahun 2024 dengan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. (Yadi/B)

  • Bagikan

Exit mobile version