Kabid SD Disdik Makassar Buka Kegiatan Perdana PACARITA, Begini Penekanannya ke Peserta

  • Bagikan
Kabid SD Disdik Makassar Muhammad Aris Membuka kegiatan perdana Komunitas Belajar PACARITA

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar Muhammad Aris membuka kegiatan perdana Komunitas Belajar Pembelajar Ceria Aktif dan Terampil atau PACARITA di Ruang Guru UPT SPF SDN Pagandongan, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea.

Kabid SD Disdik Makassar Muhammad Aris menyampaikan kegiatan ini menjadi penting lantaran bertujuan agar peserta belajar bisa meningkatkan pengetahuan hingga kompetensi belajar. Harapannya, semua peserta bisa ikut dan serius selama pembelajaran berlangsung.

"Komunitas ini bisa terbentuk dalam berbagai konteks, baik formal maupun informal, seperti di sekolah, universitas, tempat kerja, atau melalui platform online," jelas Muhammad Aris, Sabtu (20/7).

Aris--sapaan akrabnya, ada tujuh karakteristik dan fungsi komunitas ini. Pertama, Kolaborasi. Di mana, Anggota komunitas saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta bekerja sama untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan belajar bersama.

"Kedua, Saling Mendukung. Yakni memberikan dukungan emosional dan motivasi kepada anggota untuk terus belajar dan berkembang. Ketiga, berbagi Sumber Daya: Akses ke berbagai sumber daya belajar, seperti buku, artikel, video, dan alat pembelajaran lainnya," ucapnya.

Sambung Mantan Lurah Maccini Gusung ini, keempat yaitu Diskusi dan Refleksi. Melibatkan diri dalam diskusi yang mendalam dan refleksi kritis terhadap materi pembelajaran untuk memperdalam pemahaman. Kelima, Pembelajaran Seumur Hidup: Mendorong sikap pembelajaran seumur hidup dengan terus mencari pengetahuan dan keterampilan baru.

"Keenam, Pemecahan Masalah Bersama: Menggunakan pendekatan kolaboratif untuk memecahkan masalah yang dihadapi anggota dalam proses belajar dan Fleksibilitas yaitu Komunitas belajar dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan minat anggotanya, memungkinkan pembelajaran yang lebih personal dan relevan," paparnya.

Terpisah, Pelaksana Harian (Plh) Kepala UPT SPF SDN Pagandongan Ade Sufarman menjelaskan, kegiatan ini perdana dilaksanakan sejak dibentuk tahun ini. Dirinya sangat antusias agenda dari PACARITA bisa terlaksana Sabtu 20 Juli 2024.

"Saya sebagai ketua Kelompok Belajar (Kombel) sangat antusias melaksanakan kegiatan ini bersama rekan-rekan guru SDN Pagandongan. Hal ini wujud nyata bahwa guru di SDN Pagandongan terus belajar mengembangkan kompetensinya dan berkomitmen terlibat aktif dalam transformasi pendidikan," ungkapnya.

Diketahui, kegiatan perdana Kombel PACARITA ini membawakan materi Penyusunan Modul Ajar KOSP Tahun Ajar 2024-2025. Adapun pemateri yakni Alphian Sahruddin. (*)

  • Bagikan