350 Personel Dishub Kota Makassar Disiagakan untuk Pengamanan F8

  • Bagikan
Kepala Bidang Terminal, Perparkiran, Audit, dan Inspeksi Dishub Kota Makassar, Irwan Sampeang.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – 350 personel disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar untuk mengamankan kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) segera berlangsung pada tanggal 24 - 28 Juli 2024 mendatang.

Jumlah personel tersebut, merupakan hasil tambahan dari sebelumnya hanya 250 personel yang disiapkan.

Kepala Bidang Terminal, Perparkiran, Audit, dan Inspeksi Dishub Kota Makassar, Irwan Sampeang mengatakan penambahan personel dilakukan karena menyesuaikan dengan tambahan titik penjagaan dan pengamanan.

"Ada penambahan area, jadi nanti tamu VIP akan di jamu untuk makan siang, sore dan malam, jadi kami siapkan di area kunjungan tamu VIP," ungkap Irwan Sampeang, Senin (22/7).

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Zainal Ibrahim, dalam keterangan resminya menyatakan bahwa langkah utama yang diambil adalah penerapan sistem kontra flow di beberapa titik strategis.

"Kita kontra flow di Jalan Haji Bau, dan Jalan Lamaddukelleng. Area zona pertama di panggung pembukaan di bundaran CPI dan MNEK kita rekayasa karena ada putaran di situ," ungkap Zainal, beberapa waktu lalu.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas dari Metro Tanjung Bunga menuju CPI, jalur alternatif telah disiapkan melewati Bundaran Ikan.

"Dari Jalan Rajawali belok kiri masuk ke CPI, lalu masuk ke dalam bundaran ikan kemudian keluar, karena kita tutup di tengahnya supaya tidak macet," jelas Zainal.

Upaya lain termasuk penyesuaian akses menuju Masjid Kubah 99 Asmaul Husna. "Kita arahkan ke atas dulu di Jalan Metro Tanjung, lalu memutar masuk ke CPI lewat jembatan CPI. Kita hanya menggunakan satu jalur yang dibuat menjadi dua lajur, memakai jalur sebelah barat dengan pemasangan barrier di tengahnya," paparnya.

Area yang disterilkan dari kendaraan dimulai dari depan Monumen MNEK, belok kiri ke Jalan Metro Tanjung Bunga, dan kembali belok kiri menuju Jalan Penghibur.

  • Bagikan