Musim Haji Tahun 2024 Usai, Satu Jamaah Asal Makassar Masih di Rawat di Saudi Arabia

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Muhammad Tonang memberikan keterangan saat diwawancara Rakyat Sulsel di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (21/7/2024).

“Memang ada 3 jamaah haji kita yang tertinggal di tanah suci dan ketiga itu masih dirawat di arab Saudi. Semua itu masih tanggung jawab  pemerintah. Mudah-mudahan mereka cepat pulih agar dapat digunakan segera ke tanah air,” tuturnya kepada Rakyat Sulsel, Selasa (22/7/2024).

Ia menyampaikan, satu orang jamaah dari Sulsel, satu jamaah Maluku Utara, dan satu orang jamaah dari Maluku.

Ia menyampaikan, jumlah riil pemberangkatan dari Embarkasi Makassar sebanyak 16.644 orang jamaah, dan jumlah riil kedatangan sebanyak 16.609 orang, selisihnya sebanyak 35 orang dari kelompok terbang (Kloter) pertama hingga akhir.

Ia juga mengatakan, para petugas haji yang berada di Arab Saudi itu juga akan berangkat dan pulang kembali ke Indonesia pada tanggal 24 Juli ini. “Mudah-mudahan ketiga jamaah haji kita ini dapat dipulangkan juga,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait dalam pelaksanaan ibadah haji. “Atas nama PPIH Embarkasi Makassar mengucap terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam memberikan pelayanan jamaah haji ini. Mulai menteri agama, imigrasi, bandara, bea cukai  tenaga kesehatan, kepolisian. Kami semua disini sinergi dalam memberikan pelayanan,” kuncinya. (Abu/B)

  • Bagikan