Alokasi Bantuan Ayam Ternak Rp19 Miliar Dinas Peternakan Sulsel Program RTM Batal

  • Bagikan
Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Dinas Peternakan Sulsel, Ahmad Masykuri memberikan keterangan kepada Rakyat Sulsel, Selasa (23/7/2024). (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bantuan peternakan ayam untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) sebesar Rp19 miliar batal dilaksanakan tahun ini. Alasannya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan recofusing untuk kebutuhan mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Kepala Bidang (Kabid) Perbibitan dan Produksi Dinas Peternakan Sulsel, Ahmad Masykuri mengatakan pihaknya sudah melakukan pemutakhiran data yang bakal menjadi daerah sasaran bantuan peternakan ayam untuk RTM itu.

Ia menjelaskan, ada 1500 RTM untuk warga di 15 kabupaten di Sulsel. Yakni, Kabupaten Jeneponto, Pangkep, Pinrang Bantaeng, Bone, Enrekang, Barru, Luwu, Maros, Soppeng, Takalar, Toraja Utara, Palopo Luwu Utara dan Tana toraja.

Perencanaan itu, kata dia, merupakan solusi dalam rangka menekan angka kemiskinan ekstrem di Sulsel. Program ini setiap tahun dilaksanakan lantaran dianggap penting oleh Dinas Peternakan Sulsel.

“Jadi awalnya binatang ayam itu akan diberikan 30 ekor dan skalanya 3 ekor jantan dan 27 ekor betina kemudian disertakan dengan kandang serta penteasan telur yang akan dikelola secara berkelompok,” tutur Ahmad Masykuri saat diwawancara Rakyat Sulsel, Selasa (23/7).

  • Bagikan