PINRANG, RAKYATSULSEL -Dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta terhadap pentingnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful berkesempatan menyosialisasi Program JKN kepada beberapa komunitas di Kabupaten Pinrang, Rabu (24/07).
“Berbagai informasi seputar Program JKN perlu diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat, dan kali ini kepada seluruh komunitas, dalam rangka meningkatkan pemahaman anggota komunitas terhadap pentingnya Program JKN, meningkatkan pengetahuan terhadap prosedur pelayanan kesehatan, hak dan kewajiban peserta, serta memberikan keseragaman pemahaman terkait Program JKN,” ungkap Andi Rismaniswati.
Lebih lanjut, Andi Rismaniswati juga menuturkan bahwa selain memberikan pemahaman terkait pentingnya Program JKN, pihaknya juga memaparkan berbagai inovasi yang telah dihadirkan BPJS Kesehatan, sebagai bentuk kemudahan layanan yang diberikan kepada peserta JKN.
“Beberapa kanal layanan administrasi kepesertaan juga dapat dimanfaatkan oleh anggota komunitas, sehingga jika ingin mengurus administrasi kepesertaan, tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan, karena layanan dapat dengan mudah diakses yaitu dengan melalui, Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui aplikasi Whatsapp (PANDAWA), Care Center 165, Website BPJS Kesehatan, dan lain sebagainya,” tuturnya.
Secara khusus, ia juga mengingatkan kepada para anggota komunitas yang terdaftar pada segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, agar dapat rutin melakukan pembayaran iuran sebelum tanggal 10 tiap bulannya, agar terhindar dari penonaktifan.
"Adapun yang memiliki tunggakan iuran, dapat mengikuti Program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB), yang memberikan keringanan kepada peserta untuk dapat melunasi tunggakan iuran secara bertahap," ucapnya.
Saat mengakses layanan di rumah sakit, Andi Rismaniswati menyampaikan ada Petugas BPJS Satu, yang salah satu tugasnya melakukan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Satu yang merupakan singkatan dari BPJS Siap Membantu.
“Selain menindaklanjuti atas keluhan peserta di rumah sakit, BPJS Satu juga melakukan kunjungan (customer visit) ke pasien dalam rangka meningkatkan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ungkapnya.
Salah seorang anggota komunitas, Sudarmawan (42) menyampaikan bahwa sosialisasi Program JKN sangat bermanfaat dan meningkatkan pemahaman anggota komunitas terkait Program JKN.
“Sosialisasinya sangat bermanfaat, karena kita mendapatkan banyak informasi dan juga inovasi terkait Program JKN, kita jadi lebih paham tekait Program JKN ini,” pungkasnya.
Lebih lanjut, Wawan sapaannya menyampaikan bahwa kepesertaan JKN baginya adalah hal yang sangat penting, karena sebagai bentuk perlindungan kesehatan jika tiba-tiba membutuhkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.
“Kepesertaan JKN bagi saya adalah hal yang sangat penting, karena kita mendapat perawatan dan pelayanan yang cepat dan mudah jika kita sakit, dan penanganannya juga tepat sesuai dengan penyakit yang diidap, saya juga menggunakan kelas rawat sesuai dengan hak kelas saya,” tuturnya.
Sudarmawan berharap agar sosialisasi seperti ini dapat terus dilaksanakan, bukan hanya menyasar kepada komunitas tertentu saja, tapi kepada seluruh lapisan masyarakat, agar manfaat perlindungan kesehatan dengan Program JKN dapat dirasakan oleh masyarakat secara menyeluruh.
“Sosialisasi seperti ini harus terus dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, agar pemahaman terkait Program JKN semakin merata. Saya juga berharap, semoga Program JKN berkesinambungan dan semakin membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” tutupnya.
Keempat komunitas yang hadir diantaranya, Komunitas Pinrang Sehat, Balibola Community, Senam Zakiyah Salo, dan Sanggar Senam Kandea. (*)