Berada di Daerah Terpencil, Selvianti Tetap Rasakan Manfaat Program JKN

  • Bagikan

PINRANG, RAKYATSULSEL - Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan manfaat kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal jauh dari perkotaan, seperti Selvianti (36).

Selvianti yang ditemui sesaat mendapatkan layanan di Puskesmas Salimbongan ini, menyampaikan harapannya agar Program JKN dapat terus ada, karena manfaatnya sangat memudahkan diri dan keluarganya, bahkan sejak tahun 2014 yang lalu.

Selvianti adalah salah seorang peserta JKN yang tinggal di Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Meskipun berada di wilayah yang cukup jauh dari perkotaan, Selvianti menyampaikan bahwa manfaat kemudahan layanan sejak hadirnya Program JKN, sangat dirasakan olehnya.

Berjarak sekitar 60 kilometer dari perkotaan di Kabupaten Pinrang, tidak membuatnya kehilangan hak untuk memperoleh layanan kesehatan. Selvianti menyampaikan bahwa beberapa kali dirinya telah memanfaatkan Program JKN, saat memeriksakan kesehatan di puskesmas yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Meskipun tempat tinggal kami jauh dari kota, tetapi untuk akses layanan kesehatan dapat dengan mudah kami peroleh, karena di sini ada Puskesmas yang juga memberikan layanan gawat darurat 24 jam,” tuturnya, Kamis (25/07).

Lebih lanjut Selvi menyampaikan sejak hadirnya BPJS Kesehatan, ia tidak ragu lagi memeriksan kesehatan, karena di samping layanan yang diberikan sangat baik, Selvi tidak perlu lagi memikirkan besarnya biaya pelayanan kesehatan, karena semua telah ditanggung BPJS Kesehatan.

“Selama saya menjadi peserta, Program JKN sangat membantu kami, karena kami tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ketika berobat di puskesmas ataupun berobat di rumah sakit,” ungkapnya.

Selvi juga menceritakan bahwa beberapa kali ia memeriksakan sang anak di puskesmas hingga harus dirujuk ke rumah sakit. Menurutnya, semua pelayanan yang di berikan sangat baik dan sangat membantu peserta.

“Setelah anak saya diperiksa di Puskesmas dan harus dirujuk ke rumah sakit, saat itu saya tidak ragu karena kami sekeluarga telah menjadi peserta JKN. Dokter dan perawat pun selalu memberikan pelayanan yang sangat bagus. Kami hanya berharap senantiasa diberi kesehatan, dan berharap kartu JKN ini tidak digunakan,” tuturnya.

Selain manfaat layanan kesehatan yang disampaikan olehnya, ia juga ungkap manfaat kemudahan layanan administrasi kepesertaan yang baru saja didapatkannya. Saat itu, BPJS Kesehatan memberikan layanan BPJS Keliling di Puskesmas Salimbongan, Selvianti tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendapatkan layanan dan menanyakan berbagai informasi seputar Program JKN.

“Tadi disampaikan oleh tetangga kalau ada BPJS Kesehatan yang buka layanan kepesertaan di Puskesmas Salimbongan, saya pun langsung ke sini dan banyak warga lain yang juga datang kesini untuk memastikan kepesertaannya aktif, karena menjadi peserta JKN adalah hal yang sangat penting bagi kami. Selain itu ada juga warga yang mengubah faskes terdaftarnya,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Selvi mengaku memanfaatkan layanan BPJS Keliling ini untuk melakukan pengecekan status kepesertaannya bersama keluarga. Menurutnya, jika harus mengurus kepesertaan di kantor BPJS Kesehatan, butuh waktu dan biaya, karena akses ke kota yang cukup jauh. Selain pengecekan status kepesertaan, pada layanan BPJS Keliling, ia juga mendapatkan berbagai informasi, termasuk informasi kemudahan layanan administrasi Program JKN, yang dapat dengan mudah diakses oleh peserta tanpa perlu lagi mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

“Tadi juga disampaikan oleh petugasnya kalau sekarang sudah ada Aplikasi Mobile JKN, sehingga untuk layanan administrasi kepesertaan dapat dengan mudah diperoleh pada aplikasi tersebut, jadi tidak perlu repot-repot ke kantor,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version