PINRANG, RAKYATSULSEL - BPJS Kesehatan kembali hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan administrasi kepesertaan melalui BPJS Keliling. Kali ini layanan diberikan di Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, tepatnya di salah satu Puskesmas dengan kategori terpencil yaitu Puskemas Salimbongan pada, Kamis (25/07).
BPJS Keliling adalah salah satu kanal layanan tatap muka yang dihadirkan untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan bahwa hadirnya BPJS Keliling di Puskesmas Salimbongan merupakan salah satu kemudahan layanan yang diberikan BPJS Kesehatan kepada peserta JKN.
“Kehadiran BPJS Keliling hari ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh layanan, tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pinrang, yang jaraknya sekitar 60 kilometer atau harus ditempuh kurang lebih satu jam 30 menit,” ungkapnya.
Andi Rismaniswati Syaiful menambahkan bahwa beberapa layanan yang diberikan kepada peserta JKN diantaranya, layanan pendaftaran peserta, pengecekan status kepesertaan, perubahan data peserta, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama, penambahan anggota keluarga dan layanan administrasi lainnya.
“Kebanyakan dari peserta yang mengunjungi layanan BPJS Keliling ini, ingin melihat status kepesertaannya, mereka ingin memastikan kepesertaan JKN miliknya senantiasa dalam keadaan aktif, sehingga dapat digunakan ketika membutuhkan layanan kesehatan,” pungkasnya.
Lebih lanjut Andi Rismaniswati Syaiful menuturkan harapannya, agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan BPJS Keliling ini untuk memperoleh informasi seputar Program JKN.
“Dengan kegiatan BPJS Keliling ini, kami juga mengharapkan masyarakat juga dapat memperoleh informasi seputar Program JKN, dan informasi lainnya baik itu terkait iuran, maupun informasi terkait kanal layanan yang dapat diakses, tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan, misalnya Aplikasi Mobile JKN maupun layanan melalui Pandawa,” ungkapnya.
Hadirnya BPJS Keliling di Puskesmas Salimbongan hari ini, disambut antusias oleh masyarakat. Salah seorang diantaranya adalah Syahriana (34). Menurutnya, layanan BPJS Keliling ini sangat memudahkan masyarakat, terutama yang bermukim di wilayah yang jaraknya sangat jauh dari perkotaan.
“Menurut saya sangat bagus, layanan BPJS Keliling mudahkan masyarakat. Saya juga memanfaatkan layanan ini untuk melakukan pengecekan status kepesertaan JKN, ini untuk memastikan kepesertaan saya dan keluarga dalam status aktif, sehingga tidak terkendala saat membutuhkan layanan di puskesmas maupun rumah sakit,” tuturnya.
Lebih lanjut, Syahriana menyampaikan kepesertaan JKN baginya adalah hal yang sangat penting. Menurutnya, hadirnya BPJS Keliling di Puskesmas Salimbongan, tidak boleh disia-siakan oleh masyarakat untuk mengurus administrasi kepesertaannya, termasuk Syahriana sendiri.
“Daerah kami letaknya sangat jauh dari perkotaan, butuh waktu tiga jam jika ingin ke Kota Pinrang untuk mengurus kepesertaan, alhamdulillah BPJS Kesehatan sudah hadir hari ini, jadi kita tidak perlu jauh-jauh lagi ke kota untuk mengurus kepesertaan dan kita juga mendapat banyak informasi baru seputar Program JKN,” ungkapnya.
Selain manfaat kemudahan BPJS Keliling yang telah dirasakan, Syahriana juga menceritakan kemudahan layanan kesehatan juga telah dirasakan olehnya. Syahriana memanfaatkan kepesertaannya saat melahirkan buah hatinya dan saat memeriksakan kehamilannya.
“Saya juga pernah melahirkan di Puskesmas Salimbongan, dan saat itu hanya menggunakan kepesertaan JKN. Pelayanannya juga sangat bagus, sebelumnya saya melahirkan di Puskesmas Pembantu (Pustu), alhamdulillah anak terakhir ini, saya bersalin di Puskesmas Salimbongan, pelayanannya juga sangat bagus dan bukan hanya saat melahirkan, saya juga periksa kehamilan dan berobat anak-anak semuanya disini,” tutupnya. (*)