TMMD ke-121 Digelar di Tana Toraja: Kodim 1414 Fokus pada Peningkatan Infrastruktur dan Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan
Rangkaian kegiatan pembukaan TMMD ke-121 tahun 2024 di kelurahan Tapparan kecamatan Rantetayo, Tana Toraja.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Setelah sukses melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 di Kelurahan Sandabilik, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja (Tator), kini Kodim 1414 Tana Toraja kembali menggelar program TMMD ke-121 tahun 2024.

Program ini akan dilaksanakan di Kelurahan Tapparan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, yang merupakan usulan dari masyarakat setempat.

Lokasi ini menjadi prioritas karena akses tersebut merupakan jalur untuk mengambil pasir dari sungai, yang sangat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Rantetayo dikenal sebagai salah satu kecamatan yang menghasilkan pasir sungai untuk kebutuhan pembangunan, baik rumah maupun proyek lainnya.

Kegiatan pembukaan TMMD ke-121 diawali dengan upacara yang dilaksanakan di Lapangan SDN 8 Rantetayo, Tapparan, dengan Inspektur Upacara Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati bersama Dandim 1414 Tator, Letkol Arm Bani K. Sepang.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Kodim 1414 Tator dengan Pemkab Tator serta penyerahan secara simbolis peralatan kerja seperti sekop, cangkul, dan linggis kepada TNI yang akan melaksanakan kegiatan TMMD.

Menurut Dandim 1414 Tator, Letkol Arm Bani K. Sepang, pelaksanaan TMMD ke-121 akan dilakukan mulai Rabu, 24 Juli hingga 22 Agustus 2024, dengan melibatkan 110 personel dari jajaran Kodim 1414 Tator. Kegiatan ini memiliki dua sasaran, yakni sasaran fisik dan non-fisik.

Dijelaskan oleh Letkol Bani, sasaran fisik utama adalah pengerasan jalan dengan lebar 4 meter, ketebalan 15 cm, dan panjang 722 meter. Selain itu, juga akan dilakukan pembuatan pompa hidram, pembuatan talud SDN Rantetayo, serta rehabilitasi dua ruang kelas di SDN 4 Rantetayo.

Pada kegiatan pembukaan TMMD, juga dilaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako gratis kepada warga yang membutuhkan, pasar murah, dan penanaman pohon oleh Forkopimda. (Cherly)

  • Bagikan