In Memoriam Ardiles Saggaf, Sosok Ramah di Mata Pemerintah Hingga Organisasi Buruh

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ramah dan santun menjadi kata penggambaran sosok mendiang Ardiles Saggaf, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Selatan.

Ardiles Saggaf diumumkan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Bhayangkara-Makassar, Sabtu 27 Juli 2024, sekira pukul 10.00 wita.

Pimpinan Organisasi Daerah (OPD) yang bersentuhan dengan kasus dan hak para pekerja ini, dilekatkan pada seorang yang bersosok ramah dan santun.

Pengakuan itu berdatangan dari para mitra kerjanya, baik pada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, pun perwakilan organisasi buruh di Sulsel.

Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrulloh menyampaikan, belasungkawa atas mangkatnya seorang pejabat Kepala Disnakertrans Sulsel itu.

“Semoga almarhum diberikan tempat terbaik disisi Allah Subhanawataala dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ucapnya.

Plh Sekda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, mendiang adalah seorang pimpinan OPD yang sabar, sopan dan bertanggung jawab. Tugas yang diembannya dapat diselesaikannya dengan baik. 

Kata dia, sepintas Ardiles Saggaf adalah sosok yang dingin, namun ketika sudah saling mengenal keramahan dan kehangatan sambutannya sangat menggambarkan jiwa kekeluargaan yang baik.

“Kita tentu merasa kehilangan salah satu putra terbaik Sulsel,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Amson Padolo mengatakan keramahan mendiang Ardiles Saggaf membawa pada nuansa tenang.

Sebagai kawan lama, partner bercanda tentu akan terus melekat pada ingat mitra Ardiles Saggaf.

"Kami merasa kehilangan dengan kepergian Almarhum sosok yg tenang dan ramah. Almarhum juga teman bercanda saat bertemu. Karena saya mengenal beliau sudah sangat lama," ungkapnya

Demikian pula, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPH-Bun) Sulsel, Imran Jausi mengatakan, Ardiles Saggaf adalah sosok pimpinan OPD yang mengedepankan diskusi, dan sebagai sosok ASN yang Pembelajar.

“Beliau adalah sosok yang ramah dan memiliki minat dan semangat dalam belajar,” ungkap Imran Jausi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Muhammad Ilyas mengatakan Ardiles Saggaf adalah sosok yang luwes bergaul, tak hanya sebagai rekan kerja juga merangkul dalam kebaikan pergaulan. “Beliau sangat senang bercanda dan beliau adalah orang yang sholeh,” bebernya.

Kabid Humas Diskominfo-SP Sulsel, Fitra mengatakan Ardiles Saggaf adalah sosok yang santun dan tenang dalam berinteraksi. “Beliau itu sosok yang santun ketika bertemu siapa saja,” kata Fitra.

Perwakilan Dewan Pengupahan Provinsi Sulsel Yani Maryani mengatakan, sosok Ardiles Saggaf adalah sosok yang ramah dan sangat membantu dalam menangani kasus yang berkaitan dengan kesejahteraan buruh di Sulsel.

 “Saya sangat terbantu dengan beliau saat mengawal kasus kawan-kawan buruh,” ujar Wakil Ketua Konfederasi Serikat Nusantara (KSN) Sulsel itu. (Abu/B)

  • Bagikan