Panwascam dan PKD Ujung Tombak Pengawas Pilkada

  • Bagikan
Komisioner Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi selatan, Abdul Malik saat memberikan arahkan kepada jajaran Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Sidrap. (Fahrul/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisioner Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Malik mengingatkan jajaran Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Sidrap untuk selalu bekerja sesuai peraturan yang berlaku dan senantiasa berkoordinasi dalam melakukan pengawasan Pemilihan Serentak tahun 2024.

“Kami mengharap seluruh teman-teman Panwaslu Kecamatan dapat bekerja sesuai dengan regulasi yang ada, serta senantiasa berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam setiap pengambilan keputusan,” kata Abdul Malik dihadapan jajaran Panwascam se-Kabupaten Sidrap dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang digelar Bawaslu Kabupaten Sidrap, Sabtu (27/7).

Dia menyampaikan, Panwascam merupakan ujung tombak pengawasan bersama Pengawas Kelurahan Desa (PKD). "Keduanya diharapkan dapat bekerja dan menjalankan tugas dan fungsi yang ada secara maksimal," bebernya.

Mantan Ketua Bawaslu Abhan yang diundang menjadi pembicara menyampaikan terkait peran pengawas Ad hoc seperti Panwascam, Pengawas Kelurahan Desa (PKD), dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sangat penting dalam mengawasi tahapan Pilkada Serentak 2024.

Karenanya, pengetahuan jajaran Ad hoc terkait pemilu harus di atas dari yang diawasi.

"Seorang pengawas pemilu 'ilmunya' harus di atas yang diawasi. Jadi sebagai pengawas pemilu harus memahami aturan setiap tahapan pemilihan," ujar Abhan.

Dikatakannya, bekerja sebagai seorang pengawas merupakan hal yang paling rumit. Banyak yang tidak suka karena diawasi secara melekat.

"Dan itulah memang tugas kita sebagai pengawas. Tentunya, tujuannya adalah bagaimana pesta dekomrasi ini bisa berjalan dengan luber, jurdil, bermartabat, berintegritas dan berkeadilan," ucapnya.

Abhan juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Bawaslu Sidrap jika ada pelanggaran lihat aturan. "dan tegakkan aturan hukumnya, jangan diamkan," tegasnya. (Fahrul/B).

  • Bagikan

Exit mobile version