Power UBP Barru Sabet Penghargaan pada IDX Channel Anugerah ESG 2024

  • Bagikan
PT PLN Indonesia Power UBP Barru sukses sabet penghargaan1 IDX channel Anugerah ESG 2024 untuk sektor energi dengan program ESG model ekowisata berbasis konservasi penyu. (Amran/A)

BARRU, RAKYATSULSEL - PT PLN Indonesia Power UBP Barru sukses sabet penghargaan1 IDX channel Anugerah ESG 2024 untuk sektor energi dengan program ESG model ekowisata berbasis konservasi penyu.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Vice President Sales and Marketing IDX Channel Ibu Rina Ridson dan diterima langsung oleh Officer Humas dan CSR PT PLN Indonesia Power UBP Barru, Muhammad Nur Said mewakili Manajer Unit PT PLN Indonesia Power UBP Barru, Ria Indrawan.

IDX Channel Anugerah ESG 2024 merupakan ajang apresiasi kepada Perusahaan yang telah menjalankan inisiatif ESG (Enviromental, Social, Governance) dan berdampak pada bisnis, masyarakat serta lingkungan di Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI) beberapa waktu lalu

Dengan mengangkat tema Optimizing ESG to Drive Business Sustainability and Value Creation, penghargaan tersebut mendasarkan penilaian pada empat aspek utama yaitu environment atau lingkungan, sosial, governance atau tata kelola dan innovation in sustainable finance atau inovasi dalam keuangan berkelanjutan.

Officer Humas dan CSR PT PLN Indonesia Power UBP Barru, Muhammad Nur Said menyampaikan penghargaan tersebut diraih secara spesifik atas implementasi program CSR model ekowisata berbasis konservasi penyu yang dijalankan oleh Perusahaan dengan integrasi prinsip - prinsip dari sisi lingkungan, Program konservasi penyu yang bertempat di Pantai Lowita Pinrang, bekerjasama dengan komunitas Lima Putra Pesisir (LPP) setiap tahunnya berhasil menyelamatkan sekitar 6.000 – 8.000 butir telur penyu yang kemudian ditetaskan menjadi 5.000 – 6.000 tukik.

"PT PLN Indonesia Power UBP Barru dan mitra binaannya juga membuat berbagai upaya yang bertujuan untuk memperkuat program pelestarian dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem pesisir," sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan program ini tidak hanya bertujuan untuk pelestarian lingkungan, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat setempat dengan tumbuhnya UMKM sebagai efek positif dari program konservasi.

Kemitraan dengan Institusi dan Organisasi lain juga dilaksanakan dengan menjalin kemitraan dengan berbagai institusi, baik pemerintah maupun non-pemerintah untuk memperkuat dukungan dan kolaborasi dalam upaya pelestarian penyu.

"Dengan implementasi strategi lingkungan, sosial-ekonomi, dan tata kelola yang baik, PT PLN Indonesia Power UBP Barru dan mitra binaannya berharap kedepannya dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi ekosistem, masyarakat, dan perekonomian di daerah tersebut," paparnya.

Terpisah, Manager Unit PT PLN Indonesia Power UBP Barru, Ria Indrawan mengatakan bahwa keberhasilan PT PLN Indonesia Power UBP Barru dalam meraih penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan.

"Ini sebagai inplementasi yang nyata dalam mengimplementasikan prinsip - prinsip ESG dalam setiap program - programnya," pungkasnya. (Amran/A)

  • Bagikan