Tiga Poros Kuat di Pilwali Makassar 2024, Siapa Berpeluang?

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Wali Kota Makassar (Pilwali) 2024 yang digelar serentak pada 27 November mendatang mulai memperlihatkan nama-nama calon yang akan bertarung. Dari puluhan calon yang memasang APK berupa baliho, spanduk, dan banner, kini tersisa tiga pasangan calon yang hampir pasti berlaga di panggung politik 2024 di kota ini.

Mereka yang santer hampir pasti maju antara lain Ketua DPD I Golkar Sulsel, Munafri Arifuddin, istri Wali Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, serta mantan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

Saat ini, Munafri Arifuddin (Appi) hampir pasti mendapat kendaraan politik. Appi digadang-gadang menggandeng politisi Demokrat sekaligus anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, sebagai bakal calon Wakil Wali Kota. Hal ini terungkap ketika Appi bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pada Selasa (30/7/2024) malam, yang membenarkan Aliyah sebagai calon Wakil Wali Kota 2024.

Pasangan Appi-Aliyah telah mendapat rekomendasi dari Golkar dengan modal 6 kursi, Perindo dengan 1 kursi, dan Demokrat dengan 3 kursi, sehingga total 10 kursi. Mereka juga masih mengincar dukungan dari PKS yang memiliki 6 kursi.

Calon lain yang akan menjadi penantang Appi-Aliyah adalah politisi Gerindra dan mantan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa. Andi Seto menggandeng politisi NasDem sekaligus anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Lutfi, sebagai calon Wakil Wali Kota. Andi Seto memperkenalkan Kiki sebagai 02 saat menerima rekomendasi dari PSI di Hotel Claro Makassar pada Selasa (30/7/2024) sore.

Saat ini, pasangan tersebut telah mendapat rekomendasi dari Gerindra dengan modal 6 kursi, NasDem dengan 8 kursi, dan PAN dengan 3 kursi. Mereka juga masih mengincar dukungan dari PKS.

Figur lain yang berpeluang menjadi kontestan di Pilwali Makassar 2024 adalah Indira Yusuf Ismail. Indira dikabarkan akan berpasangan dengan Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, anak dari anggota DPR RI, Amir Uskara. Sosok milenial muda ini muncul mengejutkan di tengah perebutan kursi di Pilwali Kota Makassar 2024.

  • Bagikan

Exit mobile version