Dekatkan Layanan Kepada Masyarakat, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Legal Expo 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar kegiatan Layanan Publik Kemenkunham bertajuk Legal Expo Kemenkumham Sulsel 2024, bertempat di Taman Pakui Sayang Makassar pada Sabtu (03/08).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Jaya Saputra, didampingi oleh Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual (KI), Jean Henry Patu, dan Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU), Dedy Ardianto Burhan.

Dalam amanat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Indah Rahayuningsih, Jaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pengayoman ke-79 yang akan berlangsung selama dua hari hingga 4 Agustus mendatang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta membantu masyarakat, khususnya di Kota Makassar, yang membutuhkan layanan-layanan Hukum dan HAM," kata Jaya.

Jaya lalu menjelaskan bahwa Kemenkumham menawarkan berbagai layanan penting seperti layanan AHU yang meliputi pengesahan badan usaha, layanan kewarganegaraan dan pewarganegaraan, serta legalisasi dokumen publik dan apostille.

"Selain itu, kami juga menyediakan layanan KI yang mencakup pendaftaran hak cipta, merek, paten, desain industri, indikasi geografis, dan KI Komunal," tambah Jaya.

Jaya dalam kesempatan ini mengajak setiap pengunjung yang ada di Taman Pakui Sayang untuk tidak melewatkan kesempatan ini.

"Layanan yang kami hadirkan di sini sangat dekat dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Misalnya, masyarakat yang ingin memperluas usaha bisnisnya hingga masyarakat yang membutuhkan perlindungan serta kepastian Hukum dan HAM dalam aspek apapun," ungkap Jaya.

"Masyarakat bisa datang ke booth kami, dan jajaran petugas kami siap membantu masyarakat yang ingin bertanya atau membutuhkan panduan layanan Hukum dan HAM. Selain itu, kami juga siapkan brosur panduan informasi secara lengkap untuk dibawa pulang," sambung Jaya dalam amanat Plt. Kakanwil Indah.

Jaya berharap dengan hadirnya booth layanan Kemenkumham ini, masyarakat akan mengenal lebih dalam terkait layanan Kemenkumham.

"Ini adalah bukti nyata bahwa negara melalui Kemenkumham hadir di tengah-tengah masyarakat," jelas Jaya.

Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh jajaran Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

  • Bagikan