KPU Provinsi Sulsel Sebut Karnaval Maskot Ajang Edukasi Masyarakat Rawat Keberagaman Di Pilkada 2024

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan karnaval maskot pilkada serentak tahun 2024.

Acara yang berlangsung selama dua hari, 2-3 Agustus 2024, yang dihadiri 24 kabupaten/kota di Sulsel menampilkan maskot daerah masing-masing dan juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan, yang digelar di Taman Mattirotasi, Jumat (2/8/2024)

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif melalui Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Ansyar, mengatakan, karnaval ini sebagai wujud nyata dari komitmen Pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilihan umum.

"Pilkada bukan hanya rutinitas semata, melainkan sebuah momentum bagi kita semua untuk menentukan arah dan masa depan daerah yang kita cintai, " tandas Ansyar.

Melalui acara ini lanjut Ansyar mengajak, agar seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam proses demokrasi. Karena suara masyarakat adalah kunci untuk perubahan kemajuan, termasuk yang ditampilkan oleh masing-masing daerah yang memiliki makna dan simbol. yang menggambarkan kekayaan budaya, potensi daerah dan harapan masyarakat.

"ini adalah representasi dari keberagaman yang ada di Sulawesi Selatan. kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawat keberagaman ini, agar tetap harmonis demi terciptanya kehidupan yang lebih baik.

Ia berharap Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan maskot dan tahapan Pilkada tahun 2024 untuk provinsi dan masing-masing kabupaten Se- Sulawesi Selatan, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat.

"Mari kita gunakan momentum ini untuk saling mengenal, berbagi ide dan membangun koneksi antar sesama, sehingga tercipta solidaritas dalam menyukseskan Pilkada 2024," harapnya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan Hasbullah, menyampaikan bahwa tagline Pilkada 2024 adalah "Pilkada Untuk Kita", menekankan inklusivitas dalam proses pemilihan.

" ini kita maknai sebagai ungkapan tanoa diskriminasi, tanpa diskriminasi ras, tanpa diskriminasi status sosial, tanpa diskriminasi agama dan tanpa diskriminasi demografi, "terang Hasbullah

Hasbullah juga menjelaskan alasan pemilihan Parepare sebagai lokasi karnaval, karena lokasinya yang strategis di tengah daerah-daerah lain di Sulsel.

" Parepare ini bagian daripada Sulawesi Selatan dan berada pada posisi tengah, makanya kami memilih Kota Parepare untuk Karnaval Maskot 2024 ini. Dan untuk kegiatan Provinsi lain, kami akan memilih daerah lain sesuai kategorisasi wilayah tang kami pilih, "tandasnya.

Ia juga mengungkapkan, maskot-maskot yang ditampilkan dari 24 Kabupaten/Kota ini adalah maskot yang diproduksi dari hasil sayembara dari berbagai profesi, baik dari akademik, praktisi, budayawan, untuk menilai muatan sosial budayanya.

"ini adalah bagian daripada memeriahkan Pilkada kita. Jadi Pilkada ini sesungguhnya adalah urusan politik untuk memilih calon pemimpin tapi kita harus memaknai sebagai pesta bersama, pesta rakyat dengan mengacu pada Tagline Pilkada untuk kita dengan harapan pemilih, peserta dan penyelenggara harus menyukseskan Pilkada ini, "harapnya.(Yanti)

  • Bagikan