Kapal Jolloro Tenggelam Saat Angkut Wisatawan dari Pulau Sanrobengi

  • Bagikan
Basarnas Evakuasi Perahu Jolloro. (Isak/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kapal Jolloro yang mengangkut wisatawan dari Pulau Sanrobengi tenggelam saat dalam pelayaran menuju Pelabuhan Desa Boddia, Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar, Minggu (4/8) siang.

Peristiwa tenggelamnya kapal tradisional ini disampaikan langsung Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Muhammad Arif Anwar. Kata dia, setelah pihaknya mendapatkan laporan langsung direspons dengan menerjunkan Tim Basarnas menuju ke lokasi yang dimaksudkan.

"Kami terima informasi kecelakaan kapal tenggelam dari Polair Takalar dan segera mengerahkan personel Basarnas menuju ke lokasi kejadian," kata Arif.

Arif menyebut, kapal tersebut saat di tengah perjalanan dari Pulau Sanrobengi ke Pelabuhan Boddia, Kabupaten Takalar, tiba-tiba dihantam gelombang tinggi hingga miring sebelum akhirnya tenggelam.

Beruntung, ada kapal nelayan lain yang melintas di wilayah itu dan melihat kejadiannya sehingga langsung mengevakuasi beberapa penumpang kapal Jolloro tersebut.

Kata Arif, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui berapa total keseluruhan awak kapal Jolloro saat berlayar. Tidak adanya manifest penumpang mengakibatkan tim SAR kesulitan mengidentifikasi indentitas dan jumlah keseluruhan penumpang.

"Saat ini dari laporan tim kami di lapangan bahwa semua penumpang yang terlihat sudah dievakuasi. Namun karena tidak ada manifest maka kami belum bisa memastikan kondisi seluruh penumpang," ujar Arif.

Adapun penumpang yang selamat itu dievakuasi ke pulau terdekat dari lokasi kejadian. Hingga saat ini pihak berwenang disebut telah meminta seluruh penumpang yang dievakuasi agar dibawa ke Pelabuhan Boddia untuk menyamakan jumlah manifest yang sebenarnya.

"Hingga saat ini Tim Basarnas masih berada di lokasi untuk mengantisipasi masih adanya penumpang yang belum dievakuasi," tutur Arif.

Para keluarga korban juga disebut sudah berada di lokasi untuk menemui keluarganya yang berhasil dievakuasi, sembari mendata seluruh penumpang yang berada di kapal nahas tersebut.

"Semoga tidak ada lagi penumpang yang belum dievakuasi," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan