Jajaran Kemenkumham Sulsel Hadiri Pembukaan Pembekalan Calon Purnabakti Kemenkumham

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dalam rangka memasuki masa pensiun Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 01 Agustus 2024 hingga 01 Oktober 2025, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menghadiri pembukaan Pembekalan Calon Purnabakti secara langsung dan daring, bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) pada Selasa (06/08). Pembekalan ini mengusung tema “Purnabakti Pengayoman Sehat, Bahagia, dan Sejahtera”.

Plh. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Min Usihen membuka langsung Pembekalan Calon Purnabakti.

Dalam amanat Sekjen Andap Budhi Revianto, yang dibacakan Min Usihen menyampaikan, bahwa pensiun adalah suatu kehormatan yang diberikan oleh negara kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah mengabdikan hidupnya dengan baik untuk bangsa dan negara.

Lebih lanjut Min Usihen mengingatkan bahwa pensiun bukanlah akhir dari pengabdian, melainkan awal dari pengabdian dalam bentuk dan lingkungan yang berbeda.

Min Usihen berujar, seseorang yang telah lama bekerja sebagai aparatur pemerintah, akan dipandang dan dipercaya telah memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan oleh masyarakat.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh pegawai yang akan pensiun untuk tetap percaya diri, semangat dan produktif. Masyarakat masih sangat mengharapkan peran aktif dan pengabdian dari saudara-saudara, ujar Min Usihen.

Plh Sekjen Min Usihen yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) menjelaskan, pembekalan calon purnabakti ini menunjukkan komitmen Kemenkumham dalam memberikan penghargaan dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi para ASN yang akan memasuki masa pensiun.

“Kemenkumham tidak hanya berkomitmen dalam pelayanan Eksternal, juga berkomitmen dalam peningkatan dan inovasi layanan internal seperti halnya mewujudkan Pembinaan berupa Pembekalan Calon Purnabakti ASN Kemenkumham”, jelas Min Usihen.

Mengakhiri sambutannya, Min Usihen berharap pembekalan ini juga bisa menjadi forum komunikasi dan menjalin ikatan persaudaraan serta menambah relasi antar para peserta.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Setjen Supartono mengatakan pembekalan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini bertujuan untuk memberikan motivasi, semangat, dan percaya diri kepada pegawai yang akan pensiun agar tetap aktif, sehat, dan bahagia agar dapat dilalui dengan menyenangkan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Dalam pembekalan ini, kami ingin memberikan informasi terkait hak dan kewajiban di hari tua, petunjuk praktis wirausaha, serta manfaat yang bisa diberikan purnabakti kepada masyarakat,” jelas Supartono.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pembekalan oleh para motivator/psikolog/rohaniawan dan jajaran dari berbagai lembaga seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN), PT Tabungan Asuransi Pensiun (Taspen), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), PT Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), PT Bank Mandiri Taspen, dan Taspen Life secara virtual.

Pembekalan ini diikuti oleh Plt Kakanwil Indah Rahayuningsih, Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat, Kepala Subbidang Pelayanan KI Jean Henry Patu, dan seluruh pegawai Kanwil beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang akan memasuki masa pensiun.

Plt. Kakanwil Indah dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi terhadap pembekalan ini. Menurutnya, pembekalan ini sangat penting untuk memastikan para petugas yang telah mengabdikan diri selama bertahun-tahun dapat memasuki masa purnabakti dengan persiapan yang matang.

“Melalui pembekalan ini, Kanwil Kemenkumham Sulsel berkomitmen menjalankan dengan sangat baik amanat Undang-Undang (UU) No 20/2023 kepada para Calon Purnabakti yang telah berjasa kepada Kemenkumham,” ujar Indah. (*)

  • Bagikan