9 Provinsi Ramaikan KIM Festival 2024 di Makassar

  • Bagikan
Opening Ceremony kegiatan KIM Festival dan UMKM Fiesta 2024 yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Jumat (9/8/2024) malam

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggelar kegiatan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) 2024. Makassar menjadi tuan rumah setelah tahun lalu digelar di Surabaya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, 9-11 Agustus 2024 di Anjungan Pantai Losari, Makassar.

Selain Festival KIM, Kominfo juga menggandeng Pemerintah Kota Makassar menggelar UMKM Fiesta. Dimana, pameran ini menghadirkan tenant UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar. Sehingga, ada dua rangkaian kegiatan yang digelar secara bersamaan.

Staf Ahli Kominfo Bidang Sosial Budaya,
Raden Wijaya Kusuma Wardana mengungkapkan, dalam KIM Festival ini melibatkan 9 provinsi se-Indonesia dengan total peserta sebanyak 50 komunitas. Dalam event ini juga diperlombakan kategori KIM terbaik.

"Nah KIM terbaik ini diharapkan menjadi jangkar untuk kegiatan KIM ditahun-tahun mendatang," ujarnya saat membuka secara resmi kegiatan tersebut, Jumat (9/8/2024).

Senada, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo, Hasyim Gautama menuturkan, dalam pelaksanaan KIM Fiesta 2024 ini melibatkan peran masyarakat dalam rangka perluasan layanan informasi kepada publik.

"Dalam layanan publik itu ada berbagai macam program-program prioritas pemerintah, tentunya kebijakan dan program prioritas pembangunan. Terutama yang terkait dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Contohnya terkait pemberdayaan masyarakat seperti UMKM, layanan program kesehatan seperti stunting, dan program lainnya. Intinya semua itu merupakan upaya bagaimana meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan," tutur Hasyim Gautama.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Pagarra, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Kominfo dan seluruh kementerian terkait atas dipilihnya Makassar sebagai tuan rumah KIM Fest 2024.

“Ini pertama kalinya event ini digelar di luar Pulau Jawa. Kami sangat berterima kasih dan berharap KIM Fest 2024 ini menjadi penanda bahwa Makassar memang layak menjadi kota festival tepian air,” ujarnya.

Firman Pagarra mengajak seluruh pihak untuk memanfaatkan kesempatan ini guna memperkuat jaringan, berbagi pengetahuan dan saling mendukung.

“Bersama-sama, kita dapat menciptakan ekosistem yang lebih baik bagi UMKM dan mewujudkan Kota Makassar sebagai kota yang maju dan berdaya,” tutupnya.

UMKM Fiesta dan KIM Festival 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk memamerkan produk mereka, sekaligus memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan kapasitas para pelaku usaha.

Selama tiga hari pelaksanaan, ada banyak tenant UMKM yang bisa dikunjungi, mulai dari kuliner, produk kerajinan tangan maupun oleh-oleh khas daerah. Di hari terakhir yaitu pada Minggu 11 Agustus 2024, para pengunjung akan dihibur oleh band papan atas, Ungu. Jangan lewatkan kesempatan berkuliner ria sambil bernyanyi bersama teman maupun keluarga. (*)

  • Bagikan