Rakor Pra Pleno Rekapitulasi DPS Pilkada 2024, Bawaslu Bone Tekankan Selalu Koordinasi

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bone (Bawaslu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pra Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kabupaten Bone, di The Novena Hotel and Convention Bone oleh KPU Bone, Jumat (9/8/2024).

Rakor pra pleno dibuka oleh Komisioner KPU Bone dalam hal ini Divisi Hukum dan Pengawasan, Rusnaedi. Setelah prosesi pembukaan berlangsung, forum diambil alih oleh Komisioner KPU Bone Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Nuryadi Kadir.

Nuryadi menaruh harapan besar agar hasil koordinasi antara Panwascam dan PPK yang berbeda dapat terselesaikan dengan baik.

“Dalam forum rapat koordinasi pra pleno, semua hasil koordinasi Panwascam bersama PPK yang berbeda kiranya mampu terselesaikan, begitupun halnya dengan tanggapan masyarakat. PPK juga dalam membacakan dan memberikan data harus akurat yang dilengkapi dengan bukti-bukti otentik serta harus ditunjukkan kepada Bawaslu,” jelas Nuryadi.

Agenda rakor pra pleno adalah pembacaan berita acara rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran oleh 27 PPK se-Kabupaten Bone serta tanggapan dari Bawaslu Kabupaten Bone.

Bawaslu Bone yang menghadiri rakor pra pleno diwakili Ketua Bawaslu Bone Alwi, Koordiv. Pencegahan, Parmas, dan Humas Muhammad Aris, serta Rohzali Putra Koordiv. Hukum dan Penyelesaian Sengketa mengungkapkan bahwa, untuk data yang dibacakan oleh PPK mampu dipertanggungjawabkan.

“Kami dari Bawaslu meminta kepada seluruh PPK agar mempersiapkan data hasil pleno di tingkat PPK dan data tersebut mampu dipertanggungjawabkan,” tegas Alwi.

Selain itu, Aris dan Rohzali juga menyampaikan untuk selalu menjaga koordinasi antara PPK dan Panwascam. “Kepada PPK untuk selalu berkoordinasi dengan Panwascam dalam hal penyamaan persepsi” jelas Aris.

“Kalau ada data yang masih terkendala, kami akan menginstruksikan kepada Panwascam untuk bersinergi” sambung Rohzali.

Berdasarkan beberapa masukan tersebut, KPU Bone merespon dan menanggapi dengan baik. 

Untuk Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Tingkat Kabupaten Bone dijadwalkan oleh KPU Bone pada Sabtu, 10 Agustus 2024 di tempat yang sama yaitu The Novena Hotel and Convention Bone. (Enal)

  • Bagikan