Diduga Kelebihan Muatan, Kapal Pembawa Semen Tenggelam di Perairan Selayar

  • Bagikan
Detik-detik KLM Tahta Mandiri tenggelam. (Isak/A)

Dalam insiden ini, Kasman mengatakan tak ada korban jiwa dikarenakan empat orang awak kapal diselamatkan oleh nelayan sekitar yang sementara melaut dan melihat kecelakaan itu. Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp1,5 Miliar.

Terpisah, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Adnan Pandibu mengaku telah memerintahkan Satuan Polair untuk melakukan penyelidikan mendalam terkait kejadian ini.

Dia juga mengatakan telah memerintahkan Sat Polair untuk berkoordinasi dengan pihak Syahbandar agar lebih ketat dalam pengawasan kapal, khususnya tentang kapasitas muatan, kelengkapan keselamatan dan kelengkapan lainnya agar kecelakaan laut dapat diminimalisir.

“Saya sudah perintahkan untuk dilakukan penyelidikan dan hari ini keempat ABK akan dimintai keterangannya, untuk mengetahui penyebab kapal tenggelam. Bukan hanya untuk mencari tahu kemungkinan adanya unsur pidana, lebih dari itu perlu dicari fakta agar kejadian ini dapat menjadi pembelajaran berharga, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali," ungkap AKBP Adnan dalam keterangan tertulisnya. (Isak/B)

  • Bagikan