Rektor Unhas Kukuhkan 9.105 Mahasiswa Baru

  • Bagikan
Suasana Maba Unhas

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Jamaluddin Jompa mengukuhkan 9.105 mahasiswa baru (Maba) tahun 2024 di Auditorium Jusuf Kalla, Kampus Unhas, Jalan Tamalanrea Kota Makassar, Senin 12 Agustus 2024.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa menyampaikan selamat datang bagi mahasiswa baru di kampus merah. Apalagi kegiatan hari ini bagian dari proses pengenalan kampus.

"Kami ucapkan selamat datang mahasiswa baru, selamat bergabung di kampus merah. Anda manusia pilihan yang masuk di UMI. Dari total puluhan ribu yang mendaftar," jelas Prof JJ.

Ia menyampaikan lambang Unhas dikenal ayam jantan dari Timur. Di mana keberanian Sultan Hasanudin dalam memimpin pasukan Kerajaan Makasar mengakibatkan kedudukan Belanda semakin terdesak.

Sultan Hasanudin sangat ditakuti Belanda. Karena ketangguhannya dalam melawan bangsa penjajah, maka beliau disebut sebagai Ayam Jantan dari Timur.

"Lambang Unhas adalah mengilustrasikan Ayam Jantan dari Timur, itulah makna keberanian Sultan Hasanuddin melawan penjajah," katanya.

Lanjut dia, sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kota Makassar, Indonesia timur. Dengan jumlah mahasiswa terbesar, mahasiswa harus jadi motor penggerak bagi masyarakat.

Mahasiswa membangun karakter dan kepribadian yang mulia. Juga kedepan menjadi pemimpin teladan, harus mampu memberi keteladanan untuk dicontoh.

Kepemimpinan yang berkarakter memiliki empat sifat utama memiliki sifat jujur, memandang jauh ke depan, memberi inspirasi, dan cakap.

"Jaga bangsa dan negara. Jangan merusak bangsa. Memiliki karakter baik, kemampuan akademik baik. Jangan jadi penonton, saatnya gerasi bangkit membuat perubahan," tuturnya.

Prof. JJ menambahakan, kehadiran Ketua Kadin Pusat, Arsjad Rasjid di Unhas untuk memotivasi mahasiswa baru agar mereka menjadi bagian dari generasi muda untuk menggerakkan ekonomi bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Rujuanya, menyemangati calon pemimpin bangsa dengan semangat yang membara dengan tentu cita-cita yang mulia supaya nanti kita bantu mereka untuk menggapai cita-cita.

"Itulah mengapa kita mengundang Arsjad Rasjid. Sebagai keluarga besar Unhas, kita akan memperkuat persatuan antara seluruh lapisan mahasiswa bersatu sesama mahasiswa, dan dosen sehingga aktivitas akademika Unhas terus berjaya untuk menjadi kebanggan bersama," harapnya.

Pengenalan mahasiswa baru ini juga turut dihadiri beberapa inspirator-inspirator bangsa, salah satunya Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) RI, Arsjad Rasjid.

Arsjad Rasjid yang datang menggunakan jet pribadi itu mengaku, merupakan sebuah kehormatan diundang langsung oleh keluarga besar Unhas untuk memotivasi mahasiswa baru.

Menurut Arsjad, kalau berbicara Indonesia emas 2045, mulai sekarang sumber daya manusianya harus disiapkan.

"Kalau kita berbicara bonus demografi, inilah generasi muda. Inilah tempat di mana kekayaan itu ada yakni di universitas. Karena sumber daya manusia itu ada di universitas," bebernya.

Apalagi kata dia, jauh hari Presiden terpilih Prabowo Subianto mencanangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 8 persen. Untuk mencapai itu, membutuhkan skil-skil yang tepat.

"Dan semua itu adanya di universitas. Kita harus memastikan generasi kita mendapatkan skil-skil yang tepat, karena akan menjadi bagian dari lokomotif dan menjadi mesin ekonomi kita ke depannya," jelas Arsjad. (Yadi/B)

  • Bagikan

Exit mobile version