Lomba Permainan Rakyat Antar OPD dan OKW Semarakkan HUT Ke-79 RI di Lingkup Pemkab Kepulauan Selayar

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Kabupaten Kepulauan Selayar mulai digelar dengan semarak. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah lomba permainan rakyat yang diikuti oleh para aparatur sipil negara (ASN) dan Organisasi Kewanitaan (OKW) di lingkup Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar.

Suasana penuh semangat dan kegembiraan khas perlombaan terasa di lokasi penyelenggaraan lomba di Lapangan Pemuda Benteng, pada Senin (12/8) sore.

Terdapat tiga cabang olahraga tradisional yang dikompetisikan dalam kegiatan ini, yaitu Lomba Asing, Lari Karung, dan Accakke.

Para pegawai pemerintahan, anggota Tim Penggerak PKK, dan Ibu-ibu Bhayangkari tampak antusias mengikuti lomba. Semuanya bersemangat untuk menjadi yang terbaik dalam setiap kategori lomba.

Tidak hanya itu, suasana semakin meriah saat Ketua TP PKK Kabupaten, Andi Dwiyanti Musrifah Basli, dan jajaran mencoba permainan rakyat Accakke. Begitu pula ketika Musrifah Basli dan pengurus PKK Kabupaten lainnya mengikuti lomba adu cepat Lari Karung dan Lomba Hadang Asing.

Seolah tak mau kalah dengan semangat para ibu-ibu PKK dan organisasi kewanitaan lainnya, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga hadir untuk memberikan dukungan dan semangat kepada timnya. Terpantau hadir di antaranya Asisten Pemerintahan, Inspektur Kabupaten, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Sosial, Kalaksa BPBD, dan lainnya.

Dr. Finriyani Arifin, Kepala Bappelitbangda yang juga selaku Ketua Pelaksana Peringatan HUT Kemerdekaan tahun 2024, saat ditemui di lokasi lomba menyampaikan bahwa permainan tradisional ini digelar sebagai upaya melestarikan budaya sekaligus meningkatkan gotong royong antar ASN.

"Permainan rakyat yang dilombakan ini sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia dalam memperingati Kemerdekaan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Selain untuk memupuk rasa cinta tanah air, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan dalam bekerja sama mewujudkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Kepulauan Selayar. (*)

  • Bagikan