100 Hari Menuju Pilkada, Pj Bupati Luwu Tegaskan Tahapan Tetap Berjalan Meski Daerah Dalam Pemulihan

  • Bagikan
Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh memberikan keterangan saat diwawancara Rakyat Sulsel, Rabu (14/8/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Meskipun masih dalam proses pemulihan pasca-bencana, Kabupaten Luwu mulai mempersiapkan diri untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang tinggal 100 hari lagi.

Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh, menyampaikan hal tersebut dalam wawancara dengan Rakyat Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (14/8/2024).

Menurut Saleh, Kabupaten Luwu telah menyelesaikan pengalokasian dana hibah Pilkada untuk semua pemangku kepentingan. “Kami telah menyelesaikan semua dana Pilkada, sudah 100 persen,” ungkapnya.

Meski baru-baru ini daerah yang dipimpinnya mengalami bencana, Saleh menegaskan bahwa persiapan untuk Pilkada serentak tetap dilakukan dengan penuh pertimbangan. “Persiapan sudah kami lakukan,” ujarnya.

Saleh menjelaskan beberapa langkah yang akan diambil, salah satunya adalah pengurangan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) karena beberapa daerah di Luwu masih belum sepenuhnya pulih.

“Kami akan mengurangi jumlah lokasi atau titik TPS,” tuturnya.

Langkah ini, lanjut Saleh, akan berpedoman pada peraturan yang ada, yakni memaksimalkan jumlah pemilih di setiap TPS.

“Setiap TPS diperkirakan dapat menampung hingga 600 orang, nanti kami akan menyesuaikan dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Saleh berharap tidak ada bencana tambahan menjelang Pilkada, agar persiapan dapat dilakukan dengan matang. Ia juga menekankan pentingnya netralitas ASN selama proses pemilihan.

“Netralitas harus selalu diutamakan dan berjalan sesuai dengan norma yang berlaku,” pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan

Exit mobile version