Video Viral, Anak Buaya Masuk di Pemukiman Warga di Rimuku

  • Bagikan
Warga Mamuju temukan Anak Buaya di Pemukiman Warga

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Video viral warga Mamuju menemukan anak buaya di Jl Pongtiku, Kelurahan Rimuku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Dimana, video tersebut diposting oleh akun instagram milik @infomamuju_ pada Selasa (14/8/24) sekira pukul 21.00 WITA.

Terlihat dalam video berdurasi 16 detik itu, nampak seorang warga tak diketahui namanya memegang anak buaya yang berukuran 1 meter dan mengikat mulut buaya dengan lakban kuning.

Menanggapi hal itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Mamuju Busman, mengatakan, anak buaya tersebut telah dievakuasi selagi menunggu arahan dari pimpinan untuk tindak lanjutnya.

“Tadi pagi saya sudah evakuasi, dan sementara menunggu arahan pimpinan tindak lanjutnya bagaimana kedepannya,” terang Busman.

Busman menyampaikan, anak buaya tersebut merupakan milik pegawai lapas Mamuju, bernama Herman yang tinggal di Jl pengayoman, Kelurahan Rimuku Mamuju, Sulbar.

“Anak Buaya itu pemiliknya pelihara di kolamnya, pas banjir kemarin sore, air sampai masuk di kolam, akhirnya anak buaya lepas,”paparnya.

Busman, menambahkan, anak buaya yang ditemukan tersebut termasuk buaya muara yang dilindungi. “Hewan yang dilindungi itu betul-betul tidak bisa dipelihara,” ungkapnya.

Busman pun menceritakan, pemilik anak buaya tersebut sudah ia pelihara kurang lebih tiga tahun.

“Tiga tahun yang lalu pas banjir di Kalukku, kebetulan dia lewat, menurut keterangan (Herman) tadi itu buaya dia dapat pas masih berukuran 30 sentimeter,” ungkap.

Ia mengatakan, ia (Herman) mengaku sudah lama ingin menyerahkan anak buaya tersebut namun ia tidak paham jalur komunikasinya. “Dia sadar, dari dulu katanya mau serahkan tali tidak tau mau diserahkan kemana,” ujarnya. (Sudirman/A)

  • Bagikan