KAHMI Sulsel Tuntut Ketua BPIP Mundur dan Minta Maaf ke Umat Islam

  • Bagikan
Bendera KAHMI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Larangan pemakaian jilbab oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bagi anggota Paskibraka perempuan saat pengukuhan Pasukan Paskibraka di Ibu Kota Nusantara (IKN) Istana Negara, pada Selasa (13/8) menuai respon dari banyak pihak.

Salah satunya datang dari Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Provinsi Sulawesi Selatan.

Koordinator Presidium MW KAHMI Sulsel, Prof Aminuddin Syam dengan tegas menyatakan Ketua BPIP harus mundur dari jabatannya dan segera meminta maaf kepada umat Islam.

"Larangan ini tidak hanya melukai perasaan umat Islam, tetapi juga merupakan bentuk pengkhianatan terhadap Pancasila, khususnya sila pertama yang menegaskan Ketuhanan Yang Maha Esa," ujar Prof Aminuddin Syam, Kamis (15/8).

Prof Amin--sapaan akrab Prof Aminuddin Syam, juga menyatakan jika BPIP hanya hadir untuk menghalangi kegiatan keislaman, maka sebaiknya lembaga tersebut dibubarkan saja.

Dia menilai keputusan ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang seharusnya menjadi dasar dalam setiap kebijakan publik di negara ini.

"Tindakan melarang penggunaan jilbab ini mencederai prinsip-prinsip kebebasan beragama yang dijamin oleh konstitusi kita," ungkapnya.

"BPIP seharusnya menjadi pelindung dan penjaga ideologi Pancasila, bukan sebaliknya menjadi penghambat ekspresi keagamaan," tambahnya.

Sikap keras MW KAHMI Sulsel ini mencerminkan keprihatinan terhadap kebijakan yang dinilai bertentangan dengan semangat Pancasila dan konstitusi Negara. (Yadi/B)

  • Bagikan