PKKMB UNM, Wakil Rektor III UNM: Kita Sambut Milenial dengan Gaya Milenial

  • Bagikan
WR III UNM Arifin Manggau Berikan Keterangan Pers Soal Konsep PKKMB UNM. (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proses Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Makassar berlangsung dengan nuansa baru. Diselenggarakan dengan semiformal interaksi Mahasiswa Baru dengan dengan para akademika Kampus tergambar hangat.

Meski demikian, itu juga tak lepas dari dasar dan persiapan yang dimatangkan dalam kemasan PKKMB tahun 2024 ini, seperti beberapa stand Informasi pada proses PKKMB berlangsung itu menggunakan desain yang kekinian dengan kemasan digital yang matang di pelataran Phinisi UNM, Kamis (15/8).

Mahasiswa Baru bersama dengan Rektor UNM beserta akademika lainnya bermain tebakan dan sesekali dibumbui guyon yang mendidik, tak hanya irama sebuah lagu juga menyatukan keceriaan antara para akademika dan para mahasiswa baru saat PKKMB tingkat Universitas itu.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Arifin Manggau mengatakan proses PKKMB tersebut merupakan hasil dari terjemahan pola kebiasaan para milenial yang kini menjadi mahasiswa baru di UNM.

Apalagi kata dia, para Gen Z ini kan banyak melihat kemajuan desain pada layar kaca gawai mereka, nah kita juga hadirkan desain dan ikon “La Macca Caradeka” sebagai salah satu animasi pendidikan yang menjadi Maskot PKKMB tahun ini.

Menurutnya, pendekatan seperti itu adalah bentuk sosialisasi lingkungan pendidikan yang mengedepankan humanisme seperti jargon UNM saat ini “Humanis”.

“Kita mencoba untuk gaya yang lebih milenial, karena disaat sekarang itu untuk mahasiswa angkatan generasi pelanjut itu lebih pada gen z, Jadi kita sambut milenial dengan gaya milenial,” paparnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Kamis (15/8).

Ia mengatakan, penyelenggaraan PKKMB tersebut juga tak lepas dari sudut pandang futuristik yang adaptif dengan generasi masa kini.

Lebih jauh, Deng Iping--sapaan akrab mengatakan, suasana penyambutan mahasiswa baru tersebut tentu saja akan terus diperbaharui dari tahun ke tahun.

“Kita terus memperbaharui suasana ketika penerimaan Maba sebelumnya,” kuncinya.

Sebelumnya diberitakan, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Karta Jayadi menekankan nilai moralitas pada 10 ribu lebih Mahasiswa Baru pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Pelataran Gedung Phinisi UNM, Kamis (15/8/2024).

Prof Karta mengatakan, mahasiswa baru adalah fase transisi bagi insan belajar untuk memulai menata hidupnya terutama dalam cara pandang hidup, menjadi jebolan atau sarjana yang teruji itu bisa dilihat dari etika untuk menjadi pembeda dalam kehidupan sosial sebagai insan terdidik.

“Teruji yang dimaksudkan adalah logikanya teruji, etikanya juga teruji dan teradaptasi dengan baik. Kita tidak butuh mahasiswa cerdas tapi kita butuh mahasiswa beretika,” ungkapnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Kamis (15/8/2024).

Sebagai tokoh yang tidak ingin banyak mengumbar janji, asas humanis dalam lingkungan pendidikan UNM tentu akan menjadi urutan pertama dalam sudut pandang interaksi antara birokrasi kampus dan mahasiswa.

“Karena kita terus mendorong kampus ini sebagai pencetak akademisi dan humanis,” tuturnya. (Abu/B)

  • Bagikan

Exit mobile version