Lomba Karnaval dan Percepatan Pelunasan PBB Warnai Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Mare 

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Sejumlah lomba dilaksanakan panitia peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024,, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, namun ada satu lomba yang sangat menarik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Mare, yakni lomba karnaval antar desa/kelurahan se Kecamatan Mare. 

Lomba karnaval yang dilepas Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Mare, Andi Mutiara Banawa Andi Hidayat Pananrangi di Lapangan Merdeka Mare Kelurahan Padaelo, Kamis (15/8) kemarin, diikuti 17 desa + 1 kelurahan serta PPK Mare, sangat dipadati penonton. 

Salah seorang warga Desa Ujung Salangketo, Kecamatan Mare, Anwar Tingker mengakui kalau lomba karnaval sangat menarik baginya apalagi baru kali ini dilaksanakan. 

"Kita berharap, semoga lomba karnaval ini rutin dilakukan karena melibatkan semua elemen yang ada di desa/kelurahan, serta dari lomba karnaval tersebut, kita dapat mengenal potensi setiap desa/kelurahan," ujar Anwar Tingker, ke RAKYATSULSEL, Jumat (16/8).

Selain itu, katanya lomba karnaval membuat jalinan ikatan silaturahmi antar peserta semakin baik dan terwujudnya kebersamaan di desa/kelurahan yang sangat kuat.

 "Saya salut dengan panitia yang mampu meramu peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini dengan baik sehingga perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini betul-betul semarak dan menyala," ujar Anwar Tingker. 

Lomba Karnaval di Kecamatan Mare, mengangkat tema perjuangan, kearifan lokal dan potensi desa/kelurahan. Ternyata para peserta dari desa/kelurahan mampu memadukan ketiganya sehingga selalu terdengar tepuk tangan dan sorakan penonton.

Camat Mare, Andi Muhammad Hidayat Pananrangi, menuturkan jika memang pihaknya telah meminta kepada panitia HUT Kemerdekaan RI ke-79 untuk membuat kegiatan yang dapat membuat masyarakat terhibur tanpa melanggar tatanan atau norma yang ada.

"Kegiatan harus menghibur dan sifatnya pendidikan serta mampu membuat generasi kita mengenal bagaimana merebut kemerdekaan dari tangan penjajah yang membutuhkan banyak pengorbanan," ujar Andi Muhammad Hidayat Pananrangi. 

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 Kecamatan Mare, Sainal Abidin, menuturkan bahwa ada sejumlah lomba yang dilaksanakan panitia pada momen perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79.

"Jadi ada sejumlah lomba yang kita laksanakan selain karnaval. Seperti lomba gerak jalan indah antar SD/MI, organisasi SMP/MTs dan organisasi SMA/SMK," tutur Sainal Abidin. 

Selain itu, dilaksanakan pula lomba antar TK/PAUD se Kecamatan Mare, lomba kesenian dan olahraga antar SD/MI dan SMP/MTs, pertandingan sepak bola mini antar desa/kelurahan dan SMA/SMK dan lomba Kreativitas Pramuka Penggalang dan sejumlah lomba lainnya, seperti percepatan pelunasan PBB 2024. (Enal)

  • Bagikan