79 Tahun RI: Pj Gubernur Sulsel Tegaskan Pentingnya Soliditas dalam Pembangunan

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh menjadi Inspektur upacara pengibaran bendera merah putih HUT-RI ke-79 di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (17/8/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Menjaga keberagaman menjadi kunci dalam suksesi pembangunan, ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Sabtu (17/8/2024).

Pada peringatan HUT RI ke-79, yang bertema "Nusantara Baru Indonesia Maju," Prof Zudan menyampaikan pentingnya soliditas dalam keberagaman untuk pembangunan Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam perjalanan 79 tahun Indonesia, berbagai tantangan dan dinamika telah membentuk karakter dan identitas daerah ini.

"Di masa kini, mengisi kemerdekaan harus diwujudkan dengan kerja nyata di berbagai bidang, yang tentunya akan mendorong pencapaian cita-cita pembangunan daerah," kata Zudan.

Ia menambahkan, Sulsel saat ini fokus pada program strategis yang sejalan dengan prioritas nasional, termasuk pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, peningkatan produktivitas dan ketahanan pangan, peningkatan pelayanan publik, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan, serta suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Zudan menjelaskan, capaian pembangunan Sulsel selama periode 2005 hingga 2023 telah menunjukkan hasil yang semakin baik, tetapi perlu dilanjutkan dalam pembangunan jangka panjang hingga 2045.

"Visi kita adalah Sulawesi Selatan yang Mandiri, Maju, dan Berkelanjutan," ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya integrasi, sinkronisasi, sinergi, dan kesinambungan dalam pelayanan pemerintahan di semua lini, dengan kesejahteraan masyarakat sebagai tujuannya melalui pelayanan publik yang berkualitas.

Salah satu pencapaian yang dibanggakannya adalah keberhasilan Sulsel dalam menekan angka inflasi. Pertumbuhan ekonomi Sulsel menunjukkan peningkatan, dengan pertumbuhan positif sebesar 4,82 persen pada triwulan I-2024, dan meningkat menjadi 4,98 persen pada triwulan II-2024.

"Pengendalian inflasi yang efektif juga menjadi indikator kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dengan capaian inflasi sebesar 2,03 persen pada triwulan I 2024, menjadikan Sulsel sebagai yang terbaik kelima secara nasional. Sementara pada triwulan II 2024, inflasi berhasil ditekan hingga 1,74 persen, menjadikan Sulsel terbaik kedua nasional dan satu-satunya di zona Sulawesi," jelas Zudan. (Abu/B)

  • Bagikan

Exit mobile version