Gubernur Ungkap Posisi Strategis Kaltara Pintu Masuk IKN di Perbatasan Utara

  • Bagikan
Gubernur mengungkapkan posisi strategis Kaltara sebagai salah satu pintu masuk ke IKN, dari perbatasan negara di bagian utara.

KALIMANTAN, RAKYATSULSEL - Gubernur Kalimantan Utara, DR. (HC) H. Zainal A Paliwang, M.Hum, turut hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (13/8). Dalam kesempatan ini, Gubernur mengungkapkan posisi strategis Kaltara sebagai salah satu pintu masuk ke IKN, dari perbatasan negara di bagian utara.

“Kaltara telah menjadi bagian integral dari pengembangan IKN,” tutur Gubernur.

Hal ini, lanjutnya, tak lepas dari keberadaan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) yang merupakan proyek strategis nasional. KIHI ini diproyeksikan menjadi pusat industri dan logistik yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi IKN.

Gubernur juga memaparkan sejumlah langkah strategis yang telah dan akan dilakukan oleh Pemprov Kaltara untuk mempersiapkan provinsi tersebut sebagai pintu masuk IKN. Salah satu fokus utama adalah peningkatan produktivitas pangan lokal. Sejak 2021, Kaltara telah ditugaskan untuk mendukung penyediaan komoditas pangan seperti beras, jagung, dan kedelai bagi kebutuhan IKN.

“Kami terus berupaya meningkatkan luas tanam dan mengurangi alih fungsi lahan untuk mencapai target produksi pangan yang ditetapkan,” tambah Gubernur.

Kepala Daerah Hadiri Rakor di IKN

Rakor yang digelar di IKN ini dihadiri ratusan kepala daerah dari seluruh Indonesia, mulai dari gubernur, bupati, hingga wali kota. Presiden Joko Widodo secara langsung memimpin rapat koordinasi ini untuk membahas persiapan pelaksanaan upacara HUT RI di IKN.

IKN jadi Pusat Perhatian

Pindahnya ibu kota negara ke Kalimantan Timur telah menjadikan IKN sebagai pusat perhatian nasional maupun internasional. Pembangunan infrastruktur dan berbagai fasilitas pendukung terus dilakukan untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju. (Biro Adpim Kaltara)

  • Bagikan

Exit mobile version