Perusahaan Asing Lirik Pekerja Sulsel

  • Bagikan
Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulsel, Muhammad Arafah memberikan keterangan kepada Rakyat Sulsel beberapa waktu lalu. (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) baru-baru ini menerima audiensi dengan perusahaan asing. Rencananya mereka akan membuka lowongan kerja di Sulsel.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulsel, Muhammad Arafa mengatakan perusahaan asing tersebut berasal dari Negeri Sakura, Jepang.

Kata dia, perusahaan tersebut melakukan audiensi secara langsung bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh beberapa waktu lalu.

Ia membeberkan, perusahaan asing itu rencananya juga akan bergerak melakukan perekrutan tenaga kerja di Makassar.

Tak hanya itu, kata Arafah mereka juga berencana akan berinvestasi pada pengolahan rumput laut di Kabupaten Bone.

"Baru-baru ini, Bapak Pj Gubernur menerima investor asal Jepang. Rencananya mereka \akan menggelar pameran job fair di Makassar. Termasuk rencana berinvestasi di sektor perikanan dan rumput laut di Kabupaten Bone," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, tak hanya untuk para perusahaan asing, Pemprov Sulsel juga sudah menerima komunikasi dari perusahaan yang memiliki wilayah kerja berasal dari pulau tetangga, Kalimantan.

“Perusahaan smelter tambang asal Kalimantan yang akan ke Makassar untuk melakukan rekruitmen, apakah dia perusahaan asing atau dalam negeri,” ungkapnya baru-baru ini.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun Rakyat Sulsel, Pada tahun 2023 lalu, Pemprov Sulsel juga menjadi stakeholder job fair yang diikuti sebanyak 2000 pencari kerja, dan 746 orang berhasil terserap perusahaan.

Sebelumnya diberitakan, Angka Pengangguran di Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini mencapai 239 ribu orang lebih, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel ancang-ancang buka Job fair.

Kepala Disnakertrans Sulsel, Jayadi Nas mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terkait dengan perusahaan yang akan ikut dalam giat Pemprov Sulsel itu.

“Jadi kami membuka pintu untuk perusahaan apa saja yang akan membuka lowongan untuk masyarakat Sulsel,” ungkap Jayadi Nas. (Abu/B)

  • Bagikan