5 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Wajib Dicoba

  • Bagikan
Provinsi Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah yang kaya akan keindahan alam, juga menyajikan kekayaan kuliner yang luar biasa.

RAKYATSULSEL - Provinsi Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah yang kaya akan keindahan alam, juga menyajikan kekayaan kuliner yang luar biasa.

Dari utara hingga selatan, dan dari barat ke timur, setiap daerah di Sulsel memiliki keunikan kuliner yang mencerminkan keberagaman budaya dan tradisi.

Berikut 5 Kuliner Khas Sulawesi Selatan:

  1. Palekko

Palekko adalah makanan khas daerah dari Pinrang yang di masak dengan bumbu cabai hijau, lengkuas dan air asam sebagai bumbu tambahannya. Hidangan Palekko berbahan baku daging itik atau bebek dan dapat juga menggunakan bahan alternatif seperti daging ayam.

  1. Dangke

Dangke adalah keju khas tradisional dari salah satu daerah di Sulawesi Selatan yaitu Enrekang. Dangke berbahan dasar dari susu sapi, kerbau, domba yang di gumpalkan menggunakan getah pepaya atau bahan lainnya.

  1. Salonde

Salonde merupakan salah satu makanan khas Soppeng yang terbuat dari toge berekor pendek, dan biasanya disajikan di hari raya atau hajatan orang bugis.

  1. Juku Tapa

Makanan khas Bulukumba satu ini adalah makanan yang bahan dasarnya menggunakan Ikan. Juku Tapa diawetkan dengan cara pengasapan.

  1. Nasi Likku

Nasi likku merupakan salah satu hidangan khas daerah Bone. Hidangan ini biasanya di buat ketika hari raya atau hajatan. Makanan ini dibuat dari bahan dasar ayam yang dipotong sesuai selera dan dibuat dengan bumbu lengkuas yang dihaluskan dengan bahan lainnya.(fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version