Kalbe Farma Gelar Pharmacist Xperience untuk Tingkatkan Edukasi dan Kemandirian Obat Diabetes di Indonesia

  • Bagikan
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui ekosistem Diabetes Total Solution (DTS) memperhatikan penyakit diabetes yang merupakan salah satu penyakit mematikan terbesar ketiga di Indonesia.

Kegiatan Pharmacist Xperience juga dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kemandirian obat nasional.

Kalbe merupakan pelopor produsen insulin nasional melalui merek Ezelin, yang telah memiliki sertifikasi halal dan memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) tertinggi di Indonesia.

Penggunaan produk dengan TKDN tinggi adalah salah satu komitmen Kalbe dalam mendukung sektor kesehatan di Indonesia.

Dalam waktu dekat, Kalbe juga akan mengeluarkan insulin generik agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), apt. Noffendri Roestam, S.Si. mengapresiasi upaya yang dilakukan Kalbe melalui insulin Ezelin untuk membantu para penderita diabetes di Indonesia.

Ia menambahkan, diabetes tidak hanya menyerang usia dewasa, tetapi juga menyerang generasi muda bahkan anak-anak.

Pada laporan Internarional Diabetes Forum, disebutkan bahwa tahun lalu kasus diabetes pada anak meningkat hingga 70 kali dibandingkan tahun 2010. Salah satu pemicunya ialah faktor gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya aktivitas fisik.

“Diabetes adalah salah satu penyakit tidak menular yang mematikan. Setiap tahun kita melihat adanya peningkatan jumlah penderita diabetes tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Penderita diabetes juga tidak hanya didominasi oleh penduduk berusia di atas 40 tahun, tetapi sudah mulai menyerang generasi muda bahkan anak-anak,” ungkap apt. Noffendri Roestam, S.Si.

  • Bagikan