Kembalikan Kejayaan Maritim, Dishub Sulsel Mulai Sisir Pelabuhan Untuk Penyangga IKN

  • Bagikan
Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel, Mansyur (kedua dari kiri) bersama tim Dishub Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel kembali mengambil ancang-ancang untuk membangkitkan potensi maritim yang ada di Sulsel.

Upaya tersebut akan dilakukan melalui peningkatan level pelabuhan yang ada di Sulsel, terutama pelabuhan yang memiliki letak strategis berhadapan langsung dengan IKN, atau berada di Selat Makassar.

Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel, Mansyur mengatakan pihaknya baru-baru ini sudah melakukan pertemuan dengan Sekda Sulsel.

Kata dia, pertemuan itu membahas tentang rencana peningkatan pelabuhan yang ada di Selatan Makassar.

Kata dia, Indonesia sendiri memiliki tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), sementara selat Makassar sendiri merupakan ALKI dua dan menjadi jalur pelayaran Internasional.

Bahkan kata dia, beberapa pelabuhan juga akan ditingkatkan melalui penggabungan koneksi antara dua pelabuhan lokal seperti pelabuhan di Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare.

“Jadi kami berencana untuk menggabungkan dua pelabuhan tersebut agar bisa menjadi pelabuhan yang memiliki kapasitas dan menunjang operasi penyangga Ibu Kota Negara (IKN),” tuturnya, Rabu (28/8/2024).

Ia melanjutkan, saat ini rencana kerja sama dengan daerah lain juga sedang dibangun, hanya saja mereka belum berani membeberkan terkait dengan kerjasama antar wilayah yang akan dilakukan itu.

Ia menuturkan, peningkatan pelabuhan tersebut akan merujuk pada aktivitas yang memang urgen untuk diberikan fasilitas pendukung, seperti distribusi barang pun dengan pelayanan penumpang.

Peningkatan fungsi dan pelayanan saat ini sedang dilakukan Dishub Sulsel. Sebelumnya diberitakan, Pelabuhan Awerange di Barru sudah menjadi alternatif masyarakat untuk akses kapal penumpang dengan tujuan ke sejumlah wilayah Kalimantan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Erwin Terwo mengatakan, pelabuhan tersebut rencananya juga disiapkan untuk akses ke Ibu Kota Negara (IKN).

Sebab kata dia, pelabuhan Awerange Barru merupakan salah satu wilayah Potensial untuk menyangga IKN.

“Awerange memang sangat potensial untuk dikembangkan kedepannya untuk mendukung IKN nanti,” ujar Andi Erwin saat diwawancara Rakyat Sulsel baru-baru ini. (Abu/B)

  • Bagikan