Siap Terjun Menjadi Penggerak Pertanian Maju dan Modern, Polbangtan Kementan Wisuda 255 Mahasiswa

  • Bagikan

GOWA, RAKYATSULSEL - Pertanian merupakan sektor yang menjanjikan dan memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Melalui pendidikan vokasi, kualitas dan kapasitas SDM di bidang pertanian terus ditingkatkan untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Polbangtan Gowa, sebagai kampus vokasi di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), berkomitmen mendukung dan memajukan SDM pertanian di Indonesia.

Para lulusan diharapkan menjadi SDM handal, baik sebagai pencari kerja yang berkualitas maupun pencipta lapangan kerja. Mereka diharapkan dapat mengisi berbagai sektor penggerak pertanian, baik sebagai penyuluh, petani modern, maupun pengusaha agribisnis. Para petani diharapkan mampu memanfaatkan produk biosains, mekanisasi pertanian, dan teknologi informasi seperti Internet of Things (IoT).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menekankan pentingnya bagi lulusan Polbangtan untuk menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah di masyarakat. Mentan Amran berharap para mahasiswa juga dapat memberikan inovasi baru agar pertanian Indonesia semakin maju.

Kepala BPPSDMP, Idha Widi Arsanti, menambahkan bahwa para lulusan Polbangtan kini dihadapkan pada dunia pertanian yang sesungguhnya.

“Mereka tidak hanya dituntut untuk adaptif terhadap kondisi lapangan, tetapi juga harus inovatif. Saya berharap para lulusan ini dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada untuk mengembangkan pertanian di daerah masing-masing sehingga ketahanan pangan tetap terjaga,” ujar Idha.

  • Bagikan