Hadiri Rapat Paripurna HUT Tana Toraja ke-67 dan Toraja ke-777, Begini Harapan Kapolres Tator

  • Bagikan
Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo saat menghadiri Rapat Paripurna HUT kabupaten Tana Toraja dengan menggunakan pakaian adat Toraja. (Cherly/A)

TATOR, RAKYATSULSEL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Tator gelar rapar paripurna yang dilaksanakan di Gedung Tammuan Mali’ Kecamatan Makale, Tator, Sabtu (31/8). Itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja (Tator) ke-67 dan Toraja ke-777 tahun.

HUT ini mengusung tema Misa Kada Dipotuo, Pantan Kada
Dipomate atau bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.  Kegiatan tersebut turut dihadiri Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo bersama bupati, jajaran forkopimda, OPD, stakholder yang ada di Toraja bersama tokoh masyarakat.

Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo mengatakan jajaran Polres menyampaikan ucapan selamat ulang tahun. Dirinya berharap di momentum yang bertepatan dengan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 ini masyarakat terus berperan menjaga Kamtibmas.

"Keluarga besar Polres Tana Toraja mengucapkan selamat Hari Jadi Toraja ke 777 dan HUT Tana Toraja ke-67. Semoga di HUT Tana Toraja tahun ini bertepatan dengan Pilkada serentak, mari kita wujudkan Kamtibmas tetap kondusif, aman, tentram, damai, senang dan gembira,” ujar Malpa.

Dirinya menambahkan jajaran Polres Tator akan terus mendukung setiap kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja demi keamanan, kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Tator, Theofilus Allorerung dalam sambutannya memaparkan tentang perjalanan sejarah Toraja yang hingga saat ini telah berumur 777 tahun. Dimana masyarakat Toraja adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai budaya, dan saling menghargai serta memiliki toleransi yang tinggi. 

"Nilai dan budaya Toraja sangat luar biasa. Toraja telah terbukti mampu menghadapi dan menghalau setiap tantangan yang dihadapi, mampu menata kehidupan bermasyarakat yang luar biasa, dan mempertahankan budaya dan adat istiadat hingga saat ini," singkat Theofilus .

Sementara itu,  Wakil Ketua II DPRD Tator, Yohanis Lintin saat pimpinan rapat menyampaikan bahwa DPRD Tator bersama pemkab telah menyusun 2 rancangan perda yakni Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2024-2043 dan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 - 2045. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua I DPRD Tator, Evivana Rombe Datu, membacakan sejarah singkat Kabupaten Tana Toraja. (Cherly/A).

  • Bagikan