Duet Politisi-Pengusaha dan Birokrat Tulen

  • Bagikan
Amri Arsyid - Rahman Bando

MAKASSAR, RAKYATSULSEL — Duet pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Amri Arsyid dan Abd Rahman Bando (ARB) diyakini akan membawa Makassar aman bagi seluruh lapisan dan strata sosial masyarakat.

Amri Arsyid merupakan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB). Dia seorang politisi dan pengusaha yang banyak berkecimpung dalam bidang pertanian dan agribisnis. Amri bergerak dalam bidang ekspor-impor hasil pertanian dan olahan hasil bumi lainnya. Pengalaman dan aktivitas usaha Amri Arsyid menjadi modal kuat untuk pembangunan jejaring investasi. Pengalaman tersebut menjadi pondasi kuat dalam menjalankan pemerintahan serta dapat membawa masyarakat kota berlayar dalam perahu AMAN GERBANG menuju masa depan yang lebih baik dan maju.

Pengalaman di berbagai perusahaan asing sangat mendukung untuk merealisasikan berbagai program pemerintah, mulai dari kegiatan perdagangan dan jasa, industri rumah tangga yang dikelola masyarakat, hingga UMKM, generasi milenial, dan program pembangunan lainnya. Program-program tersebut dapat diwujudkan dengan dukungan fasilitas dan pembiayaan UMKM, koperasi, komunitas rentan sosial kota, termasuk wilayah pesisir dan pulau. Paslon AMAN diyakini akan membawa perubahan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Program pembangunan dermaga bagi nelayan dan masyarakat pulau akan mendukung peningkatan ekosistem agribisnis hasil olahan laut yang berdaya saing tinggi.

Pakar politik Universitas Hasanuddin, Prof. Sukri Tamma, menilai kondisi seperti ini memang bagus. Namun, untuk konteks Sulsel, situasinya sedikit berbeda. Sebab, asal kedaerahan tidak selalu memberikan jaminan kemenangan. Sukri menilai perebutan suara akan terjadi di wilayah non-basis seperti Luwu Raya dan wilayah selatan Sulsel, termasuk Takalar, Sinjai, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Selayar.

”Memang basis ini saling beririsan, maka kandidat akan memperebutkan daerah yang bukan basis,” terangnya pada Minggu, 1 September.

Namun, masyarakat biasanya lebih melihat figur. “Sehingga figur ini juga akan bergantung pada strategi mereka mensosialisasikan diri dan siapa yang mensosialisasikan mereka di masyarakat. Kadang-kadang masyarakat melihat siapa yang membawa figur itu ke mereka. Ini penting untuk masyarakat setempat, karena figur itu diasosiasikan dengan siapa,” imbuhnya.

Berkaitan dengan partai, Sukri menganggap tidak semua parpol bisa menjamin keteguhan para kader. Dalam kontestasi politik, sudah menjadi rahasia umum bahwa kader mbalelo sering ditemui. “Partai sebagai organisasi, mereka harus bekerja berdasarkan arahan dari struktur,” kata dia.

Hal ini bisa saja dialami oleh kedua pasangan ini. Jika mengasumsikan kuantitas saja, maka semestinya Sudirman-Fatma yang didukung banyak partai, mesin kerjanya akan lebih banyak. Asumsi itu bisa lebih di masyarakat. Namun Danny punya pengalaman di Kota Makassar, termasuk fenomena kotak kosong yang menang pada 2018 lalu.

Atur Strategi

Moh Ramdhan Pomanto sebelumnya sudah menegaskan bahwa dirinya tidak akan setengah hati maju di Pilgub Sulsel. Keputusan sudah dia buat dan segala risikonya sudah siap dia tanggung. “Pilgub ini tidak main-main, bukan hal kecil ini. Biayanya juga tidak sedikit. Maka tentu tidak boleh setengah-setengah,” kata dia.

Danny juga menegaskan bahwa ceruk basis utamanya ada di Kota Makassar. Dia mengaku belum akan bergerilya ke daerah lain ketika Makassar belum dipastikan kuat. “Makassar ini benteng saya. Pasti saya akan perkuat Makassar dulu baru ke daerah,” terangnya.

Juru bicara tim Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim (MRR), juga tak mau kalah. Dia menegaskan bahwa tim pemenangan sudah terbentuk dengan baik. Namun, kondisi ini akan terus berkembang dan mengalami perubahan. Pada intinya, dia menegaskan bahwa ceruk suara kandidat jagiannya merata di semua daerah, dan kondisinya cenderung kuat. Sebab, tim Andalan Hati sudah bekerja sejak jauh hari sebelum tim pemenangan terbentuk. “Tim pemenangan merupakan tim tumbuh, jadi masih akan bertambah dan berubah,” tuturnya.

Sekretaris tim pemenangan Andalan Hati, Andi Januar Jaury, mengatakan bahwa organisasi pemenangan yang terbentuk merupakan komposisi dari semua parpol koalisi, termasuk relawan. Dia yakin semua akan bekerja sesuai dengan keputusan bersama. (*/Fajar)

  • Bagikan